Dibikin 132 Tahun yang Lalu, Film Ini Diremajakan Pakai Teknologi AI

KalbarOnline.com – Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) kini banyak digunakan untuk berbagai bidang dan membawa banyak manfaat. Salah satu yang merasakan manfaat teknologi AI ini adalah para sinematografer. Dengan AI, mereka kini dapat membuat karya menakjubkan dengan lebih mudah.

Baru-baru ini misalnya, viral hasil restorasi sinematik yang membangkitkan kembali karya ratusan tahun silam dengan sentuhan modern berkat bantuan AI. Karya tersebut adalah video atau film bisu singkat dari Inggris yang dibuat 132 tahun lalu. Film tersebut direstorasi dan dikembangkan lagi dengan teknologi AI dan hasilnya gambar yang direkam ratusan tahun lalu terlihat lebih hidup dan lebih tajam.

  • Baca juga: Platform Baru Berteknologi AI Bantu Digitalisasi Layanan Rumah Sakit

Adalah sebuah video atau film bisu singkat yang dibuat di sebuah taman di Leeds, Inggris 132 tahun lalu. Film tersebut adalah Roundhay Garden Scene, film pendek yang diambil pada 14 Oktober 1888, memperlihatkan empat orang berjalan-jalan di sekitar taman Oakwood Grange di pinggiran kota Leeds di Roundhay, Inggris.

Video hitam putih asli yang direkam oleh penemu Prancis Louis Le Prince, hanya berdurasi 1,66 detik dan hanya terdiri dari 20 frame. Namun YouTuber Denis Shiryaev telah memposting versi baru dari video legendaris tersebut di situsnya yang kini dalam kualitas 4K dengan kecepatan sekitar 250 frame per detik (fps).

Dengan menggunakan jaringan saraf berbasis AI untuk mengisi kekosongan dan membuat frame tambahan secara artifisial, Shiryaev dapat meningkatkan 20 frame asli untuk memberikan kesan gerakan yang lebih halus. Pewarnaan buatan dan teknik pemulihan wajah juga membuat video era Victoria ini tampak seperti diambil dengan peralatan kamera modern.

Baca Juga :  Platform Baru Berteknologi AI Bantu Digitalisasi Layanan Rumah Sakit

“Hari ini kita akan melakukan perjalanan waktu ke tahun 1888 di Leeds, Inggris,’ kata Shiryaev dalam videonya, yang diposting ke YouTube-nya. “Mungkin Anda telah melihat GIF ini atau video berkualitas buruk, saya telah memutuskan untuk menerapkan kekuatan penuh algoritma pembelajaran mesin modern untuk meningkatkan kualitas aslinya,” bebernya.

Empat subjek dalam video tersebut, yang merupakan teman dan keluarga Le Prince, sengaja berjalan dalam lingkaran untuk tetap berada di dalam area yang dibingkai oleh kamera lensa tunggal Le Prince saat itu, yang ia ciptakan dan buat sendiri. Tapi masalah dengan video ini adalah bahwa rekaman aslinya mungkin hanya sekitar 12 frame per detik, Shiryaev memperkirakan, yang sangat rendah dan hanya menyisakan 20 frame untuk dikerjakan.

Pertama, Shiryaev mengunduh 20 bingkai positif secara gratis dari halaman web British Science Museum. Museum tersebut telah membuat salinan pelat kaca fotografi pada tahun 1930-an dari negatif kertas asli yang dibuat oleh Le Prince.

Kemudian, Shiryaev membagi 20 frame ke atas dan menyelaraskannya dalam perangkat lunak sehingga subjek berada dalam posisi yang konsisten di seluruh bingkai atau frame. Dia kemudian menambahkan algoritme stabilisasi dan menerapkan jaringan saraf pemulihan wajah yang agresif untuk menambahkan lebih banyak detail ke wajah individu dalam bingkai.

Baca Juga :  Nekat, Karyawan Swalayan di Kubu Raya Gelapkan Barang Demi Pengobatan Orang Tua

Selanjutnya, dia menyesuaikan tingkat kecerahan setiap bingkai agar lebih konsisten di seluruh dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dalam rekaman. Shiryaev kemudian menggunakan ansambel jaringan saraf untuk meningkatkan hasil ke resolusi tertinggi yang dia bisa dan menambahkan bingkai sebanyak mungkin ke rekaman aslinya. “Pada hasil akhir saya dapat menghasilkan 250 frame dari 20 frame asli dan mengulang hasil akhir,” katanya.

Jaringan neural yang terlatih secara khusus memberikan perkiraan pewarnaan buatan untuk setiap bingkai. Meski pewarnaan ini tidak akurat secara historis, efeknya tampak alami dalam video yang sudah jadi.

Sebagai sentuhan akhir, dia menambahkan efek suara termasuk suara lembut kicauan burung untuk melengkapi setting khas taman. Shiryaev mengatakan gambar yang diunduh dari halaman web Science Museum bukanlah kualitas terbaik dan dia akan melakukan ulang seluruh proses jika dia bisa mendapatkan akses ke sumber lain yang lebih baik.

“Masalah paling serius adalah kualitas sumber untuk karya ini adalah file gambar yang saya unduh dari halaman web Museum Sains Inggris, jadi jika Anda memiliki pemindaian yang lebih baik, silakan hubungi saya,” katanya. “Saya akan dengan senang hati melakukan kembali semua pekerjaan untuk mencapai hasil terbaik,” tandasnya.

Comment