Presiden Berharap Aceh Jadi Episentrum Ekonomi Baru di Sumatera

KalbarOnline.com–Presiden Joko Widodo berharap kehadiran ruas jalan tol Banda Aceh–Sigli yang akan terhubung sampai Lampung, dapat menjadikan Aceh sebagai episentrum baru pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

”Saya titip kepada Gubernur Aceh agar koridor utama yang telah kita bangun yakni ruas jalan tol ini dapat dihubungkan dengan sentra pertanian, pariwisata, dan juga industri. Sehingga, kehadirannya benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara di Aceh Besar, Selasa (25/8).

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela meresmikan penggunaan ruas jalan tol Banda Aceh–Sigli seksi 4 Blang Bintang–Indrapuri di gerbang Tol Blang Bintang, Aceh Besar.

Dia menjelaskan, dengan hadirnya tol tersebut dapat memangkas waktu tempuh dan akses ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, lebih mudah.

Baca Juga :  Pengamat: Bawaslu Bukan Milik Kekuasaan, Harus Tegas Sikapi Pelanggaran

”Jika konektivitas transportasi ke bandara makin lancar, nanti kita lihat pergerakan orang dan barang lebih cepat sehingga biaya akan lebih efisien dan ekonomi akan terhubung antara satu dengan lain. Sehingga, pertumbuhan ekonomi akan bergerak lebih cepat,” kata Jokowi.

”Saya juga titip agar kehadiran infrastruktur ini juga melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah sehingga mereka merasakan langsung dampak ekonomi dari pembangunan infrastruktur ini,” tambah Presiden Jokowi.

Dia juga berharap dengan hadirnya ruas jalan tol pertama di Aceh tersebut dapat menumbuhkan titik ekonomi baru, usaha baru, dan perluasan usaha yang sudah ada serta dapat membangkitkan ekonomi di Aceh secara luas. Sehingga berujung pada tersedianya lapangan kerja lebih banyak.

Baca Juga :  DPR Setuju, Dua Pemain Naturaliasi Timnas Tunggu SK Presiden Jokowi

Presiden juga menyebutkan tol yang akan menghubungkan Aceh sampai Lampung dengan memiliki panjang 2.765 km dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 296 ribu lapangan kerja.

”Kita berharap kehadiran infrastruktur ini akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Sumatra, kemudian juga meningkatkan efisiensi waktu tempuh menjadi 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini. Keberadaan jalan tol ini dapat meningkatkan dampak di berbagai sektor 2 sampai 3 kali,” kata Jokowi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment