Usai Dari Jakarta, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution Positif Corona

KalbarOnline.com – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Bakal calon Wali Kota Medan itu saat ini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Royal Prima, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan, awalnya Akhyar mengeluh sedikit demam awal pada Senin (3/8/2020) sore. Namun, saat ini kondisi Akhyar dalam keadaan stabil dan terkendali. Akhyar positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab.

“Hasil swab keluar pada Selasa, 4 Agustus 2020 pagi. Hasilnya, beliau (Akhyar) positif,” kata Edwin, Rabu (5/8/2020).

Edwin menjelaskan Akhyar diduga terpapar virus corona usai pulang dari Jakarta pada Senin (3/8) sore. Saat itu Akhyar merasakan keluhan demam. Lalu Akhyar menjalani pemeriksaan swab dan pada Selasa (4/8) pagi dinyatakan positif.

Baca Juga :  Siap Kawal Benyamin-Pilar, Jawara Tangsel Deklarasikan Dukungan

“Kita maklum pak wali kan berkegiatan banyak dengan kapasitasnya sebagai Plt Wali Kota Medan. Sehingga banyak kemungkinan terpapar dari mana,” ujarnya.

Pihak Dinas Kesehatan Medan juga sedang melakukan tracing atau penelusuran terkait siapa saja orang yang kontak erat dengan Akhyar Nasution. Keluarga Akhyar juga sudah dilakukan swab dan hasilnya negatif.

“Ibu (Istri Akhyar) dan anak-anaknya negatif. Untuk yang kontak erat dengan Pak Akhyar akan kita lakukan swab pada hari ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Status Gisel-Nobu saat Beradegan Seks Terkuak, 4 Januari Diperiksa Sebagai Tersangka

Akhyar diberitakan masih beraktivitas pada Sabtu (1/8/2020). Saat itu, dia dan keluarga berkurban di Masjid Al Ittihad di Jalan Masjid Lingkungan 2, Kelurahan Pulobrayanbengkel, Kecamatan Medan Timur.

Saat penyembelihan hewan kurban, Akhyar masih mengingatkan panitia agar selalu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Setelah itu, Akhyar tidak muncul lagi di setiap kegiatan Pemerintahan Kota Medan. Tugasnya digantikan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Al-Rahman. [rif]

Comment