by

Mengulas Samsung Galaxy S20 Ultra, Varian Paling Mumpuni S20 Series

KalbarOnline.com – Samsung pada pertengahan Februari 2020 resmi memperkenalkan trio Galaxy S20 Series terbaru di Indonesia. Perangkat tersebut kemudian diluncurkan secara resmi dengan seremoni besar tak lama setelahnya bersamaan dengan paket S20 Series prapenjualan tiba ke tangan konsumen.

Terkait lini Galaxy S Series terbaru, S20 Series sendiri seperti diketahui merupakan penerus S10 Series. Penamaan dan angkanya melompat dari 10 langsung ke 20. Hal lain yang beda, kalau dulu pilihan paling tinggi ada pada seri dengan embel-embel ‘Plus’, kini top varian diisi dengan varian ‘Ultra’ yakni S20 (reguler), S20 Plus, dan S20 Ultra.

S20 Ultra sendiri merupakan varian paling mahal dan paling mumpuni dari segala aspek. Layar lebih lega, kamera lebih andal, dan tentunya pilihan penyimpanan besar ada pada perangkat ini. Dan serunya lagi, perangkat ini sudah kami jajal. Simak ulasan selengkapnya dari S20 Ultra.

Kelengkapan
Dimulai dari aspek kelengkapan paket pembelian, Samsung Galaxy S20 Ultra paket penjualan yang sangat lengkap dan siap pakai. Seperti yang sudah diulas dalam artikel unboxing, Samsung Galaxy S20 Ultra baik dari sisi kemasan sampai jeroan aksesori di dalamnya hadir dengan sangat lengkap.

Produk dan kelengkapan smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Charger 25-watt USB-C, kabel USB-C to USB-C, USB-C in-ear headphones dengan merek AKG dan sepasang eartips pengganti ada pada paket penjualan Samsung Galaxy S20 Ultra. Untuk perlindungan perangkatnya sendiri, Samsung sudah melengkapi penjualan S20 Ultra dengan lapisan anti gores layar bawaan dan tambahan jelly case pelindung untuk casing belakang. Lengkap.

Desain dan Layar
Selanjutnya aspek desain dan layar. Soal Samsung Galaxy S20 Series sendiri secara keseluruhan dirilis dengan kemampuan layar yang mumpuni. Pun dengan S20 Ultra. Hanya ukurannya saja yang berbeda.

Tampilan Galaxy S20 Ultra secara umum masih mewarisi kekhasan dari S Series sebelumnya atau yang terdekat S10 Series. Yang menjadi khas adalah bagian sisi layar yang melengkung atau layar edge yang terkenal pada perangkat-perangkat mahal Samsung dengan bingkai logam.

Di bagian depan, ada layar berlubang kamera untuk kamera selfie depan yang disebut Samsung dengan nama Infinity-O display. Secara dimensi, Samsung S20 Ultra memiliki dimensi 6,6 x 2,9 x 0,34 inci dan berat 7,7 ons.

Samsung yang dikenal juga sebagai penggawa di industri panel layar biasa menghadirkan Galaxy S Series dengan layar yang mumpuni. Reputasi ini tentunya ingin tetap dipertahankan Samsung. Kali ini Samsung S20 Ultra dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2x berukuran besar 6,9 inci yang ukurannya bahkan sedikit lebih besar dari Galaxy Note 10.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Layar Galaxy S20 Ultra sangat lapang. Ukuran 6,9 inci dan masih membawa desain edge display dan Infinity-O Display membuat area layar menjadi sangat lega. Secara teknis, Samsung Galaxy S20 Ultra di sisi layar membawa resolusi 3400×1440 (QHD Plus) yang mendukung hingga refresh rate 120 Hz.

Berbekal spesifikasi demikan dan panel Dynamic AMOLED 2X, membuat semua gambar yang muncul di layar perangkat ini tampak sangat detail, misalnya ketika menonton video kualitas HD, atau gambar dengan resolusi tinggi lainnya. Mengenai Dynamic AMOLED 2X akan diulas terpisah.

Untuk kenyamanan bermain game, S20 Ultra ini dibekali dengan refresh rate 120 Hz. Selain itu S20 Ultra juga mendukung 240 Hz touch sensing, fitur yang hanya dimiliki oleh smartphone gaming yang jadi semakin membuat Galaxy S20 Ultra makin andal di segala bidang.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Berpindah ke bagian belakang, di sisi desain, perangkat ini tampil sederhana, menunjukan kesan low profile di balik spesifikasinya yang serba gahar. Pada bagian belakang, area housing kamera mendominasi perangkat ini. Total ada empat kamera utama, sensor-sensor, LED Flash Light dan identitas penanda bertuliskan ‘Space Zoom 100X’ tampak di bagian belakang.

Selain kamera yang mendominasi perangkat ini di bagian belakang, area ini steril. Hal tersebut lantaran Samsung Galaxy S20 Ultra sudah membawa teknologi keamanan fingerprint scanner di balik layar.

Di sisi samping kiri polos, sementara di sisi kanan ada tombol Volume Up-Down dan tombol power. Area SIM Tray ada di bagian atas sementara di bagian bawah seperti biasa di isi oleh lubang speaker, port pengisian daya dan microphone. Selain itu, tidak ada lagi. Seluruh tombol di area layar dibuat virtual menyatu dengan area layar.

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dalam dua warna yakni Cosmic Black dan Cosmic Grey. Di sisi desain dan layar, kami puas dengan perangkat ini. Dynamic AMOLED 2X, layar lega 6,9 inci refresh rate dan resolusi tinggi membuat perangkat ini di sisi visual benar-benar memanjakan mata. Penikmat gambar detail pasti senang dengan handset ini.

Performa
Beralih ke aspek performa, sebagai perangkat papan atas dari Samsung, di sisi kinerja sudah pasti S20 Series termasuk S20 Ultra membawa banyak keunggulan. Malahan, di luar negeri sana, handset ini sudah mendukung 5G dengan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 865.Sementara untuk Indonesia, seperti biasa di pasar tanah air Samsung S20 Series hadir ditenagai chip besutan Samsung sendiri yakni Exynos.

Di sisi kinerja, S20 Ultra ditopang oleh chipset Exynos 990 dengan 8 core CPU hingga 2,73 Ghz. Handset dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal atau ROM 128 GB. Dengan kombinasi demikian, sudah tak diragukan lagi kalau handset ini akan sangat mumpuni melibas banyak kebutuhan penggunanya. Sektor penyimpanannya kalau kurang masih bisa diekspansi menggunakan MicroSD hingga 1 TB.

Dari sisi software, S20 Ultra dibekali dengan One UI One v ersi 2.1 terbaru besutan Samsung ini. Berbasis Android 10, One UI memungkinkan pengguna memilih mode terang atau gelap. One UI 2.1 juga membawa animasi yang lebih halus yang secara alami bereaksi terhadap setiap sentuhan layar.

Screenshot uji benchmark smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Mengakses menu yang ada dalam perangkat pun sangat mudah. Pengguna hanya cukup menggunakan satu tangan saja. Tinggal digulirkan ke atas atau ke samping, untuk menjelajahi semua fitur dengan sangat mudah.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark dengan aplikasi sintetis. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, Samsung Galaxy S20 Ultra mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan yang luar biasa. Skornya berada di angka 478205.

Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Samsung Galaxy S20 Ultra berhasil membukukan skor sebesar 12181. Dengan perolehan skor benchmark segitu, Samsung Galaxy S20 Ultra sudah pasti bisa diandalkan untuk menangani banyak kebutuhan, multitasking seperti main game dan bekerja sekaligus mendengar musik streaming pasti bisa ditangani dengan mudah oleh handset ini.

Gaming
Untuk membuktikan keandalan performa dan jeroan perangkat yang bersangkutan, kurang lengkap rasanya jika tak diajak bekerja keras untuk kebutuhan gaming. Dan ternyata benar, di sisi gaming, Samsung Galaxy S20 Ultra dengan padanan performa chip dan spesifikasi yang sudah dijabarkan di atas, handset ini terbukti sangat mampu memainkan game apapun dengan sangat baik.

Di sektor gaming, kami membuktikan dengan game Call of Duty: Mobile atau CODM, handset ini di awal masuk pertama ke dalam game langsung ditawarkan setting grafis ‘Sangat Tinggi’. Terbukti kan handset ini memang andal dari segi performa untuk bermain game.

Screenshot uji coba gaming smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Performa berjalan sangat halus tanpa kendala dan gejala frame per second (fps) yang drop. Benar-benar smooth. Ditambah dengan sokongan layar Dynamic AMOLED 2X dan refresh rate yang tinggi membuat gambar yang tampil benar-benar memukau. Sangat detail dan memesona untuk sebuah game yang dimainkan di smartphone.

Masih ada game lainnya yang kami jajal. Sebut saja game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Arena of Valor (AOV), game racing Garena Speed Drifters, Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, rasanya tetap sangat-sangat tetap halus. Berjalan dengan sangat smooth tanpa kendala apa pun dengan pengaturan grafis lagi-lagi dibuat rata kanan.

Layar lebar, performa halus, dengan seting grafis sangat tinggi pada banyak kebutuhan game benar-benar membuat smartphone ini patut dibanggakan. Area genggam saat bermain game di handset dengan layar seluas 6,9 inci ini juga masih sangat nyaman.

Baterai dan Keamanan
Selanjutnya, ke aspek baterai dan fitur keamanan. Di sisi baterai, handset S20 Ultra sudah disokong dengan baterai yang terbilang besar. Betapa tidak, S20 Ultra disokong dengan baterai berdaya 5000 mAh.

Dengan ukuran baterai segitu, Galaxy S20 Ultra menjadi seri S pertama yang menggunakan baterai besar. Untuk penggunaan normal, baterai sebesar ini sanggup menemani penggunanya hingga dua hari. Namun jika penggunaannya cukup intensif terutama pada kamera atau untuk memainkan game, S20 Ultra ini bisa digunakan seharian.

Samsung Galaxy S20 Ultra di sisi baterai juga menawarkan dukungan pengisian daya super cepat 45W pada Galaxy S20 Ultra tetapi, paket penjualan yang disediakan hanya pengisi daya 25W namun sudah ini juga sudah lumayan cepat. Di sisi pengisian daya, handset ini juga sudah mendukung fitur wireless charging yang diwarisi S Series sejak dulu. Selain itu, S20 Ultra dan S20 Series lainnya juga sudah membawa kemampuan reverse wireless charging untuk mengisi daya perangkat lain lewat wireless charging. Dengan demikian juga, S20 Series sudah membawa teknologi NFC untuk berbagai kebutuhan lainnya semisal layanan uang elektronik.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Di sisi keamanan, Galaxy S20 Ultra sudah pasti lengkap. Smartphone ini dibekali dengan pilihan keamanan standard seperti PIN dan pola. Sementara untuk fitur keamanan biometrik, perangkat ditambahkan dengan fitur face ID dan fingerprint yang terletak di balik layar.

Fitur face ID atau pengenalan wajah responsnya sangat cepat didukung dengan sensor perangkat yang memungkinkan pengguna cukup mengarahkan perangkat langsung ke wajah untuk membuka kunci tanpa menyentuh layar atau tombol kunci terlebih dahulu. Fitur ini mampu bekerja sangat baik dengan deteksi wajah dari segala sisi yang akurat.

Fitur keamanan juga sangat responsif dalam keadaan tanpa cahaya sekali pun. Sistem akan dengan cekatan menyalakan layar dalam mode sangat terang serupa cahaya flash jika ingin membuka kunci smartphone dalam keadaan gelap gulita. Fitur tersebut adalah fitur auto dimming. ‘Cekrek’, kunci terbuka dalam hitungan sepersekian detik. Menariknya, teknologi tersebut aktif secara otomatis ketika sistem mendeteksi cahaya dirasa minim.

Sementara untuk fingerprint-nya,tak hanya kekinian dengan meletakannya di balik panel layar, responnya juga cepat. Samsung Galaxy S20 Ultra juga sudah membawa fitur always on display. Ketika perangkat terkunci, pengguna bisa tahu di mana letak area pindai sidik jari yang menyala berwarna hijau di area layar. Fitur double tap pun bisa menghidupkan perangkat untuk membuka kunci via face ID atau fingerprint.

Kamera
Kamera merupakan fitur lain yang dijagokan Samsung untuk S20 Ultra-nya menjadi fitur yang paling terlihat upgradenya dibandingkan seri lainnya. Samsung S20 Ultra memiliki empat sensor yang terdiri dari kamera ultra wide 12 megapiksel (f/2.2), kamera wide angle 108 megapiksel (f/1.8), dan telefoto 48 megapiksel PDAF (f/3.5) dengan kemampuan zoom 100x dan kamera. Selain itu ada satu lagi sensor yang disebut DepthVision yang secara fungsi mirip dengan lensa Time of Flight (ToF),

Sensor Depth Vision sendiri sudah ada dari seri Note 10 Plus yang fungsinya untuk membaca jarak dan kedalaman sehingga menghasilkan pengelaman fotografi ke jenjang yang lebih tinggi. DepthVision sensor akan membantu untuk fokus live video, pengurukan cepat dan pemindai 3D yang bisa membuat user agar lebih kreatif serta mendapatkan informasi dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Hal yang membedakan S20 Ultra dengan seri S20 lainnya adalah sensor 108MP yang merupakan Isocell Bright HM1 milik Samsung, dengan sistem terbaru yang disebut Nonacell. Nonacell pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Tetracell, teknologi pixel-binning yang bekerja dengan cara menyatukan empat pixel menjadi satu pixel berukuran lebih besar, sehingga pada akhirnya dapat menyerap lebih banyak cahaya. Soal sistem kamera Samsung S20 Ultra108 MP yang lebih detail juga nantinya akan kami ulas secara terpisah.

Fitur kamera Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk Galaxy S20 Ultra, yang menarik lainnya adalah fitur 100x zoom. Sayangnya Samsung tidak menyebutkan kemampuan zoom optikal yang sebenarnya, tapi kami yakinkan di sini bahwa kamera S20 Ultra ini memiliki kemampuan zoom 10x lossless. Artinya, hasil yang dihasilkan tidak mengalami penuruan kualitas.

Fitur ini didukung oleh teknologi prisma untuk memungkinkan perangkat mencapai tingkat pembesaran optik. Samsung juga menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada perangkat untuk digunakan dengan baik di kameranya. Dengan menggabungkan zoom optik hybrid dan zoom digital, Galaxy S20 Ultra mampu menekan 100x Space Zoom.

Meski memiliki kemampuan 100x zoom, namun untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, kami sarankan untuk memanfaatkan tripod. Sebab akan sangat sulit membidik objek dengan pembesaran 100x zoom hanya dengan tangan. Sementara di bagian depan ada kamera selfie 40 MP f/2.2.

Soal pengalaman menggunakan kamera S20 Ultra, lagi-lagi kami dibuat terkesan. Gambar yang dihasilkan benar-benar epic dipadu dengan keluaran layar yang cemerlang. Untuk aspek kamera, S20 Ultra buat kami hampir tanpa cacat secara keseluruhan baik kamera belakangnya hingga kamera depannya.

Di sisi video, S20 Ultra juga bisa merekam video 8K dan bahkan membagikannya ke YouTube secara langsung. Sementara untuk UI kameranya, handset ini menawarkan banyak fitur dan mode yang bisa digunakan dengan sangat mudah. Simak saja hasil jepretan kamera S20 Ultra di akhir artikel yang kami simulasikan dalam berbagai situasi.

Kesimpulan
Samsung Galaxy S20 Ultra ditawarkan dengan harga Rp 18,5 juta memiliki segudang fitur dan performa yang luar biasa. Kamera, layar mumpuni dengan Dynamic AMOLED 2X dan performa di dalamnya menjadikan handset ini unggul dalam segala urusan. Samsung Galaxy S20 Ultra memang mumpuni.

Berikut hasil jepretan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra:

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hasil foto dengan kamera smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Comment

Terbaru