by

6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Sering Cuci Tangan

Salah satu cara menghindari penularan Coronavirus atau Covid-19 adalah dengan mencuci tangan. World Health Organization (WHO) menganjurkan agar setiap orang lebih sering cuci tangan, khususnya selama wabah ini masih berlangsung.

Namun, terlalu sering cuci tangan juga bisa membuat kulit kering dan bahkan merusaknya. Jadi, Geng Sehat perlu tahu cara menjaga kesehatan kulit saat sering cuci tangan. Berdasarkan saran ahli, berikut cara menjaga kesehatan kulit saat sering cuci tangan!

Baca juga: Sudah 19 Positif Coronavirus di Indonesia, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Sering Cuci Tangan

Tips-tips di bawah ini bisa sangat berguna jika diaplikasikan. Pasalnya, di tengah wabah Coronavirus ini, kita harus sering cuci tangan dengan bersih.

1. Cuci Tangan Menggunakan Air Hangat

Prosedur cuci tangan yang benar sekurang-kurangnya memakan waktu 20 detik menggunakan sabun dan air. Prosedur cuci tangan yang benar juga termasuk membersihkan punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Sebaiknya, cucilah tangan menggunakan air hangat. Kalau terlalu panas, kulit lebih cepat kering. Pasalnya, air yang terlalu panas menyerap minyak alami yang sebetulnya dibutuhkan kulit. Jadi, salah satu cara menjaga kesehatan kulit saat sering cuci tangan adalah dengan menggunakan air hangat.

2. Gunakan Sabun yang Melembapkan

Karena banyak sabun yang bisa membuat kulit terkelupas, kering, serta pecah-pecah, ahli menyarankan agar mencuci tangan menggunakan sabun yang melembapkan.

Contoh sabun yang melembapkan adalah sabun yang memiliki konsistensi creamy. Sebaiknya, Kamu juga memilih sabun cuci tangan yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin dan lanolin.

Selain itu, ahli juga menyarankan sebaiknya tidak menggunakan sabun batangan. Pasalnya, bahan kimia pengikat yang menjaga bentuk sabun batangan biasanya mengandung pH tinggi, sehingga bisa menyebabkan kulit kering.

3. Pakai Pelembap

Masalah utama jika kita sering cuci tangan adalah kulit menjadi kering. Pasalnya, air memiliki efek magnet dan akan menyerap cairan dari lapisan kulit yang paling dalam, sebelum kemudian menguap menjadi udara kering.

Untuk mencegah hal ini, pakailah pelembap atau krim khusus untuk tangan setelah cuci tangan. Pada umumnya, pelembaP kulit memiliki beragam manfaat, seperti:

  • Melindungi epidermis
  • Memberikan perlindungan pada kulit
  • Meningkatkan kandungan cairan epidermis
  • Menenangkan kulit
  • Meningkatkan penampilan permukaan dan tekstur kulit

Bahan-bahan dalam pelembap yang membantu melindungi kulit meliputi:

  • Oklusif: asam lanolin, asam stearik, trigliserida kaprilik/kaprik, minyak mineral, parafin, petrolatum, siklometikon, dimetikon, squalen
  • Humektan: pirolidin sodium, asam karboksilik, miristat isoprofil, oktanoat oktil

Jadi, cara menjaga kesehatan kulit saat sering cuci tangan salah satunya dengan mengaplikasikan pelembap.

Baca juga: Bisakah Vaksin Influenza Mencegah Coronavirus? Ini Menurut Ahli!

4. Memakai Sarung Tangan

Selain mengaplikasikan pelembap atau moisturizer untuk melembapkan kulit, ahli juga menyarankan untuk merendam tangan di dalam air selama 5 menit, mengaplikasikan pelembap, lalu memakai sarung tangan selama 1-2 jam.

Untuk orang yang kulitnya sudah sangat kering bahkan pecah-pecah, ahli menyarankan agar mengaplikasikan pelembap bertekstur krim tebal dalam jumlah banyak, kemudian pakai sarung tangan berbahan dasar kapas selama tidur malam. Sama seperti masker wajah, sarung tangan akan menjaga kulit Kamu tetap lembap selama 6 -8 jam.

5. Gunakan Skin Balm

Kalau Kamu punya masalah kulit, seperti eksem atau psoriasis, maka kemungkinan besar ketika harus sering cuci tangan, kulit Kamu menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, pakailah skin balm. Aplikasikan langsung ke kulit yang kering dan pecah-pecah. Skin balm akan menenangkan serta melindungi kulit dari kerusakan.

6. Gunakan Hand Sanitizer Sebagai Pengganti Sabun

Kalau kulit Kamu sangat kering dan pecah-pecah, sehingga tidak nyaman ketika mencuci tangan, untuk sementara waktu Kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer adalah alternatif supaya tidak terlalu sering cuci tangan, hingga kulit Kamu pulih. Namun, Kamu tetap harus cuci tangan sebelum makan, setelah ke kamar mandi, atau jika tangan Kamu kotor, ya! (AS)

Baca juga: Takut Tertular, Inilah Pengganti Jabat Tangan untuk Cegah Coronavirus

Referensi

Healthline. Tips to Keep Your Skin Healthy While Washing Your Hands Often. Maret 2020.

Comment

News Feed