Lawan Corona, PPP: Jokowi Harus Ambil Langkah Strategis dan Taktis

KalbarOnline.com – Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi mendorong Presiden Joko Widodo untuk segera mengambil langkah-langkah strategis dan taktis terkait dengan penanganan Covid-19 ini.

Hal itu menyusul Menteri Perhubungan Budi Karya yang dinyatakan positif terkena virus Covid-19.

“Sejumlah pertimbangan obyektif mulai dari rekomendasi WHO dan kondisi obyektif dalam negeri dapat dijadikan bahan material untuk menentukan sikap” kata Arwani di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Wakil Ketua Komisi II DPR ini menilai, Presiden dengan kewenangan konstitusional termasuk kewenangan diskresi yang dimilikinya dapat segera memutuskan langkah-langkah simultan dengan fokus memberi aspek perlindungan terhadap seluruh warga negara dari ancaman penyebaran virus Corona.

Baca Juga :  A first glimpse at Java 9: Early access release of JDK9 on OpenJDK

“Apabila Presiden memilih pilihan kebijakan yang memberi efek besar bagi publik, Presiden dapat segera melakukan rapat konsultasi dengan DPR dan stakeholder lainnya sebagai bagian dari konsolidasi antara eksekutif dan legislatif dalam merespons persoalan Covid-19 ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Muhammadiyah Tolak Ajakan Nadiem Kembali Gabung POP

Tak hanya itu, Arwani juga mengusulkan agar DPR dalam waktu secepatnya untuk segera menggelar rapat gabungan dengan mengundang sejumlah kementerian dan lembaga.

“Seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI/Polri, sejumlah kepala daerah, dan kementerian/lembaga terkait lainnya. Upaya ini sebagain bagian langkah untuk mengakselerasi kerja bersama dalam merespons penyebaran Covid-19 secara cepat dan taktis,” imbuhnya. [rif]

Comment