PKS Desak Pemerintah Mengungkap Daerah Persebaran Virus Corona

KalbarOnline.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, mendesak pemerintah untuk membeberkan daerah persebaran virus corona (Covid-19) secara transparan kepada masyarakat.

Menurutnya, transparansi persebaran virus corona tak akan memicu kepanikan, justru bisa menekan risiko penularan karena masyarakat jadi mawas diri. “Jumlah pasien itu wajib. Berapapun angkanya, jangan disembunyikan. Kedua adalah zonasinya. Zonasi bisa dibikin ada di provinsi apa, provinsi apa,” kata Kurniasih, Jumat (13/3/2020).

Kurniasih menyebut akan lebih baik lagi jika pemerintah membeberkan daerah persebaran hingga tingkat kabupaten/kota, seperti yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Transparansi itu juga sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Baca Juga :  DCT Pemilu 2024: DPR 9.917 Orang dan DPD 668 Orang

Pasal 154 UU Kesehatan mengatakan pemerintah harus rutin mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.

Selain itu, Kurniasih juga meminta pemerintah pusat melibatkan pemerintah daerah dalam menghadapi corona. Hal itu juga telah diatur dalam Pasal 155 ayat (1) UU Kesehatan.

Baca Juga :  Junaidi Auly Soroti Pentingnya Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan

“Nggak mungkin pemerintah pusat handling perlindungan rakyat, nggak mungkin. Itu pasti akan melibatkan pemda, dimulai dengan transparansi titik-titik zonanya itu,” ucap Kurniasih.

Pemerintah menyatakan ada 34 pasien yang terpapar virus corona (Covid-19). Dua pasien dinyatakan meninggal dunia, sedangkan lima orang lainnya telah sembuh.[ab]

Comment