Usulan Ambang Batas 7 Persen Sangat Baik Untuk Penyederhanaan Partai

KalbarOnline.com – Wacana parliamentary treshold (PT) 7 persen oleh sejumlah partai mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Wacana ini dinilai sangat baik sebagai upaya penyederhanaan partai di Indonesia, sekaligus meningkatkan kualitas kaderisasi dan pengelolaan partai.

Pandangan ini disampaikan pengamat politik Lembaga Survei dan Konsultan Konsep Indonesia (Konsepindo) Veri Muhlis Arifuzzaman kepada Indopolitika.com, di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

”Bagi saya ambang batas 7 persen itu bagus untuk penyederhanaan partai, sekaligus agar partai makin berkualitas,” kata Veri.

Baca Juga :  Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Novel Baswedan: Mohon Doanya

Dengan ambang batas tersebut, kata Veri, maka partai yang tidak melakukan kaderisasi dengan bagus akan tumbang.

Menurut Veri, jika suatu partai ingin besar maka harus didirikan dan diisi oleh banyak tokoh, atau banyak orang sehingga tidak berkesan milik keluarga atau pengusaha.

“Seperti di Amerika partai besar itu cukup ada dua. Jika satu memerintah maka partai lainnya menjadi oposisi,” tandasnya.

Seperti diberitakan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengusulkan agar ambang batas partai dinaikkan menjadi 7 persen. Hal ini bertujuan untuk melakukan penyederhanaan partai dan meningkatkan partai lebih berkualitas.

Baca Juga :  Jokowi Tegaskan Kunci Ekonomi Agar Membaik Adalah Kesehatan yang Baik

“Upaya penyederhanaan parpol yang pernah terjadi di negeri ini baik sekali,” kata Surya Paloh.

Usulan Surya Paloh pun didukung Partai Golkar. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mengatakan, usulan Partai Nasdem sangat baik dan Golkar akan mendukung hal tersebut. “Golkar melihat usulan itu sangat bagus,” ujarnya. (rma)

Comment