by

Sutarmidji : STQ Nasional XXV Upaya Lahirkan 5.000 Penghafal Quran di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengaku tak berpikir lama dan langsung menyetujui tawaran Kalbar menjadi tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Nasional. Hal ini, kata dia, sebagai upaya dirinya bersama Ria Norsan untuk mencapai target melahirkan 5.000 penghafal Quran di masa kepemimpinannya.

“Ini sebagai upaya penyemangat program pemerintah di masa jabatan kami untuk melahirkan lima ribu hafiz. Sekarang sudah ada 2.500 hafiz dan kita yakin di sisa waktu yang ada, target tersebut tercapai,” ujarnya Midji dalam sambutannya saat membuka Malam Taaruf di Pendopo Gubernur Kalbar, Jumat (28/6/2019).

Untuk itu, dirinya berharap agar para hafiz jebolan STQ Nasional ini ke depannya dapat diberdayakan menjadi imam di masjid -masjid besar di Kalbar dan Indonesia.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini juga menginginkan agar pelaksanaan STQ di Pontianak, Kalimantan Barat memberikan kesan mendalam kepada seluruh peserta.

Oleh karena itu pihaknya menggagas mimbar pembacaan ayat suci Alquran di antaranya di titik nol derajat lintang selatan dan utara, tepatnya di Tugu Khatulistiwa.

“Ini mungkin menjadi pertama kali di Indonesia bahkan di dunia, ayat suci Alquran dilantunkan di tengah dunia di titik nol derajat, di mana di sana juga menjadi titik kulminasi matahari,” tukasnya.

Pihaknya memiliki berbagai alasan dan pertimbangan membangun venue di titik nol derajat berupa replika bola dunia tempat di mana qori dan qoriah duduk. Dari lima venue di antaranya yang menarik yakni mimbar yang dibangun di atas sungai Kapuas di Taman Alun Kapuas.

Kemudian lokasi lain yang juga menarik karena berada di tengah-tengah pusat keramaian seperti Masjid Raya Mujahidin, Masjid IAIN dan Gedung Perpustakaan Untan. (*/Fai)

Comment

News Feed