Bahasan : Pontianak Segera Terapkan Larangan Penggunaan Plastik

Komit Dukung Kegiatan Kampanye Lingkungan

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak mendukung penuh terselenggaranya malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour di Kota Pontianak yang akan dihelat di halaman kantor Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (30/3/2019) malam nanti.

Hal ini sekaligus merupakan komitmen Pemkot Pontianak mendukung setiap kegiatan lingkungan.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan usai menghadiri konferensi pers Earth Hour di Hotel Golden Tulip Pontianak, Jumat (29/3/2019) sore.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung sepenuhnya atas kegiatan komunitas Earth Hour ini karena memang ini merupakan kegiatan yang sangat positif yang patut kita respon dan sosialisasikan kepada seluruh stakeholder, mulai dari pemerintahan, komunitas, pelaku usaha serta kepada seluruh individu di Kota Pontianak ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Tangkal Radikalisme, Pemkab Kubu Raya Gelar Rakor Lintas Agama

Bahasan turut menegaskan bahwa Pemerintah Kota Pontianak sangat mendukung setiap kegiatan berbau lingkungan. Sosialisasi pengurangan penggunaan plastik dan penanaman pohon, kata Bahasan, gencar dilakukan Pemkot Pontianak.

Diketahui bahwa Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwako) tentang pengurangan penggunaan plastik dan edaran penyediaan hidangan tanpa kemasan atau pembungkus berbahan plastik pada saat pertemuan maupun rapat di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Hal ini menjadi sejalan dengan yang disampaikan Bahasan.

Baca Juga :  Radio Masih Efektif Sampaikan Program Pembangunan

Bahasan kembali menegaskan bahwa pihaknya telah mulai melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan plastik. Kendati demikian, lanjut Bahasan, sosialisasi pengurangan penggunaan plastik ini tentu memakan waktu yang cukup lama.

“Sudah dimulai sebenarnya, tapi ini perlu sosialisasi yang sedetail mungkin kepada masyarakat karena memang masyarakat kita ini masih banyak yang tradisional, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih dan humanis,” tukasnya.

Untuk menyukseskan itu pihaknya bahkan akan melakukan studi banding ke sejumlah kota yang telah berhasil menerapkan pelarangan kantong plastik sehingga nantinya pelarangan penggunaan plastik dapat segera diberlakukan di Kota Pontianak.

“Insya Allah dalam waktu sesingkat-singkatnya kita akan segencar mungkin melaksanakan ini. Insya Allah kita juga akan mengadakan studi banding ke kota-kota yang sudah menerapkan hal itu tentunya dan memberikan solusi bahan pengganti dari penggunaan plastik,” pungkasnya. (Fat)

Comment