Ternyata Ada Juga TKA Asal China Bekerja di Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Akibat investasi yang masuk ke Indonesia dari luar negeri membuat keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia kian marak. Seperti misalnya dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) alias China, beberapa tahun terakhir terdata secara legal menjadi negara dengan jumlah TKA terbanyak di Indonesia tak terkecuali di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Keberadaan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok, China terus menjadi sorotan. Pasalnya, para pekerja asal negeri tirai bambu itu pun turut bekerja sebagai buruh.

Baca Juga :  Sopir Mengantuk, Dum Truk Terguling di Desa Seluan

Hal ini turut dibenarkan Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kapuas Hulu, Subandi kepada wartawan.

Dirinya mengungkapkan bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kapuas Hulu mencapai sebanyak 22 orang yang bekerja di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Mereka bekerja di perkebunan kelapa sawit dan ada juga di bidang pertambangan. Rata-rata berasal dari negara China,” ungkapnya baru-baru ini.

Secara rinci dia menjelaskan bahwa empat orang TKA China bekerja di perkebunan sawit dan 18 diantaranya bekerja di bidang pertambangan.

Baca Juga :  SPBU Prioritaskan Pembeli Jerigen Jadi Tanda Tanya, Dewan: Tutup Saja Kalau Seperti Itu

“Mereka hanya bekerja tiga bulan saja tahun 2018 kemarin,” kata Subandi.

Fenomena tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia menimbulkan keprihatinan. Bagaimana tidak, warga negara Indonesia seperti sulit mendapatkan pekerjaan, ironisnya, harus pergi ke luar negeri untuk menyambung hidup dan menafkahi keluarga, tetapi tenaga kerja asing (TKA) justru terlihat mudah mendapatkan pekerjaan di Indonesia.

Hal ini jelas tak sesuai dengan konstitusi Indonesia yang mana pemerintah semestinya memberikan kesempatan kerja terhadap warga negaranya. (Haq)

Comment