Sandiaga Uno Dukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

KalbarOnline, Nasional – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan dukungan terkait rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya di wilayah timur Provinsi Kalimantan Barat.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Bang Sandi ini saat melayani awak media dari berbagai penjuru Indonesia termasuk sejumlah jurnalis dari Kalbar sesaat sebelum dimulainya Pidato Kebangsaan Prabowo-Sandiaga dengan tajuk ‘Indonesia Menang’ yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JSS) Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

“Tentunya itu semua kita tinjau dan sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi masyarakat. Kita akan lihat bagaimana relevansinya, karena tujuan kita adalah mensejahterakan masyarakat,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga :  Jumlahnya Nyaris Sama, Kasus Baru Covid-19 Tambah 3.880, Sembuh 3.881

Sandiaga menegaskan bahwa selama pemekaran Provinsi Kapuas Raya dapat menghadirkan kesejahteraan masyarakat dan sesuai Undang-undang serta menjadi aspirasi untuk menuju ekonomi yang lebih baik, pihaknya akan sangat mendukung.

“Kita akan lihat, selama itu menghadirkan kesejahteraan masyarakat, selama itu sesuai Undang-undang dan menjadi aspirasi daripada harapan kita untuk ekonomi yang lebih baik, tentunya harus kita berikan tanggapan yang positif,” pungkasnya.

Seperti diketahui bahwa, Kapuas Raya merupakan impian sekaligus kebutuhan masyarakat di lima kabupaten di wilayah timur Kalimantan Barat yang diantaranya adalah Kabupaten Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu.

Banyak daerah di wilayah ini yang masih terisolir sehingga menyebabkan baik di sektor SDM maupun ekonominya jauh tertinggal. Dengan kondisi ini tentu rentang pelayanan publik menjadi sulit. Mengingat, Kalbar memiliki luas satu setengah kali dari Pulau Jawa. Desa-desa sangat banyak tertinggal.

Baca Juga :  Soal Win One, Tim OPD Kompak Arahkan ke "Bangku Kosong"

Semakin jauh jarak pelayanan, tentu akan sangat berpengaruh untuk kemajuan suatu daerah.

Selain itu pula, diketahui, sudah ada Amanat Presiden dalam pembentukan Provinsi Kapuas Raya ini. Bahkan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Desain Besar Penataan Daerah dan RPP Penataan Daerah sudah berada di Wakil Presiden, Jusuf Kala.

Tentu masyarakat Kalbar khususnya di lima kabupaten tersebut sangat berharap Kapuas Raya dapat segera dimekarkan siapapun pemimpin yang terpilih pada 17 April 2019 mendatang.

Dengan adanya pernyataan Sandiaga Salahuddin Uno ini, tentu menjadi angin segar bagi masyarakat Kalbar dengan harapan dapat mengejar ketertinggaln. (Fat)

Comment