Tingkatkan Pedoman Wawasan Kebangsaan: Wujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

KalbarOnline, Sintang – Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang menggelar kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan bagi tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Kabupaten Sintang tahun 2018 yang berlangsung di Balai Ruai Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Senin (19/11/2018) pagi.

Kegiatan yang dibuka Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Hendri Harahap ini sebagai upaya menyatukan visi dan pola pikir segenap unsur komponen bangsa dalam meningkatkan pedoman wawasan kebangsaan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hendri Harahap dalam sambutannya menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan berbagai suku, agama, kelompok sosial dan ras seperti halnya Kabupaten Sintang ini, peningkatan terhadap wawasan kebangsaan sangat penting.

Baca Juga :  Sukiman Dukung Wacana Pembangunan Waterfront City di Sintang

“Apalagi kurikulum wawasan kebangsaan saat ini dinilai sangat kurang mulai dari pendidikan sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi, ditambah lagi kebebasan informasi yang saat ini menayangkan berita hoaks yang tidak benar menyangkut permasalahan suku dan agama sehingga wawasan kebangsaan bagi masyarakat ini sangat penting, guna memperkokoh NKRI,” tegas Hendri Harahap.

Ia juga menjelaskan bahwa wawasan kebangsaan bagi para generasi muda dan masyarakat sangat perlu terus dibangun agar mengetahui jati diri, guna menjalin persatuan dan kesatuan bangsa ini secara nasional.

“Kita jangan sampai lengah bahwa negara kita yang besar ini dengan berbagai pulau, suku agama, ras ini sangat rentan terhadap konflik, seperti sejarah yang terjadi beberapa waktu lalu di nusantara ini, tentunya ini harus kita cegah jangan sampai terjadi lagi,” tukasnya.

Baca Juga :  Keutamaan Puasa Dibanding Ibadah Lain

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol Sintang, Budi Harto mengatakan bahwa kegiatan ini mengambil tema ‘Dengan Wawasan Kebangsaan Kita Wujudkan Persatuan dan Kesatuan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI’ dan menghadirkan narasumber dari Kasubdit Bina Ekologi dan karakter Bangsa Kementerian Dalam Negeri, Hartono, Dosen Psikolog Untan Pontianak, Dr. Herdi, Kodim 1205 Sintang.

Turut hadir BNK Kabupaten Sintang, Kodim 1205 Sintang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Adat, tokoh pemuda, mahasiswa dan para tamu undangan lainnya. (*/Sg)

Comment