Buka Senentang Championship Karate Open 2018, Bupati Jarot: Utamakan Persaudaraan

KalbarOnline, Sintang – Sebagai upaya mempererat silaturahmi para atlet karate se-Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Korem 121/ABW serta pengurus FORKI Sintang menggelar Senentang Championship Karate Open 2018 yang secara langsung dibuka oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Indoor Apang Semangai Baning Sintang, Sabtu (3/11/2018).

Bupati Jarot menyatakan bahwa karate banyak manfaatnya untuk bisa membentuk karakter di Sintang, karena selain sebagai olahraga bela diri, karate berdampak pada kesehatan dan keterampilan yang luar biasa.

“Otot kuat, badan sehat serta keterampilan luar biasa, sehingga para atlet karate junior kedepannya nanti akan menjadi  generasi muda penerus estafet kepemimpinan Sintang ini, sebagai generasi yang sehat, yang kuat dan terampil,” ujarnya.

“Olahraga karate memberikan kita kemampuan membela diri dan karate sesuai janji pantang mengunakan bela dirinya untuk menyerang orang lain, tetapi siap membela diri apabila diganggu dan diserang oleh orang lain, dengan bahasa populernya kalau kau jual kami akan beli,” tegas Bupati Jarot.

Baca Juga :  Usung Tagline Kalbar Untuk Semua, Dukungan Untuk Midji-Norsan Terus Berdatangan Dari Berbagai Etnis

Orang nomor satu di Bumi Senentang ini juga menjelaskan bahwa karate akan memberikan rasa percaya diri, ini yang perlu menjadi motivasi bagi para generasi muda di Kalbar.

“Saya merasa senang pada open turnamen karate ini banyak peserta dari beberapa kabupaten yang mengikuti. Selain dari Sintang juga Kapuas hulu, Sekadau, Melawi serta beberapa kabupaten yang ada di Kalbar,” ujarnya lagi.

“Karate ini memupuk anak-anak kita memiliki jiwa karateka yang sportif, jiwa karateka yang  memupuk persaudaraan atau persahabatan, sehingga dengan even Senentang Championship Karate Open 2018 ini, kita utamakan kekeluargaan dan persahabatan masalah kalah dan menang itu adalah nomor 2 dan diharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan,” tambahnya.

Baca Juga :  Pembukaan MTQ XXIII Sintang Diawali Dengan Pawai Ta’aruf, Berikut Rutenya

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Senentang Championship Karate Open 2018, Eko Supriatno mengatakan bahwa pada even ini diikuti peserta dari seluruh komite karate yang ada di seluruh  kabupaten se-Kalimantan Barat.

“Disini ada 23 kontingen yang mengikuti dengan peserta sebanyak 370 orang yang telah menghadiri kegiatan pembukaan ini,” ujarnya.

Eko juga menjelaskan dalam Senentang Championship Karate Open 2018 ini ada 7 kategori yang dipertandingkan yaitu mulai dari usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior dan senior serta para pemenangnya semua kelas akan dijadikan satu dan dipertandingkan lagi memperebutkan juara Best Of The Best Karate, untuk kategori karate Putra dan Karate Putri.

Turut hadir perwakilan Danrem 121/ABW, pengurus FORKI Sintang, Forkopimda Sintang serta para undangan. (*/Sg)

Comment