Resmikan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal, Bupati Jarot: Kerukunan Jadi Modal Utama Kita Bangun Sintang

Resmikan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal, Bupati Jarot: Kerukunan Jadi Modal Utama Kita Bangun Sintang
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya saat peresmian gedung kesenian Batu Linoh Desa Nobal (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Gedung Kesenian Batu Linoh, Desa Nobal, Kecamatan Sungai Tebelian, Sabtu (25/8/2018). Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Fokopimcam Sungai Tebelian, unsur Pemerintah Desa Nobal, masyarakat Desa Nobal, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Nobal dan unsur terkait lainnya.

Bupati Jarot mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung dengan adanya gedung kesenian yang telah diresmikan tersebut, menurutnya keberadaan gedung kesenian sangat penting sebagai tempat berkumpul masyarakat untuk menggali kembali kesenian-kesenian atau adat budaya yang ada di Desa Nobal.

Resmikan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal, Bupati Jarot: Kerukunan Jadi Modal Utama Kita Bangun Sintang
Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya gedung kesenian Batu Linoh Desa Nobal (Foto: */Sg)

“Budaya lokal, budaya dayak atau budaya lainnya yang kita miliki memang harus dilestarikan, keberadaan gedung ini harus dimanfaatkan masyarakat disini menggali kesenian dan adat budaya yang ada sehingga kalau ada even budaya macam gawai dayak Desa Nobal bisa mengikuti sepunuhnya rangkaian kegiatan yang diperlombakan,” kata Bupati Jarot.

Selain itu menurut Bupati Jarot keberadaan gedung kesenian ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul mengadakan kegiatan lain seperti acara pertemuan tingkat desa atau pertemuan lainnya sehingga wujud persaudaraan dan silaturahmi masyarakat di Desa Nobal ini tetap terjaga antar suku dan agama yang ada.

“Saya sangat bangga Desa Nobal ini masyarakatnya rukun, meskipun riak-riak di luar seperti di medsos sering terjadi informasi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, namun di Nobal ini kebersamaan sangat terjaga, kita tahu disini tinggal berbagai agama dan suku, saya harap kerukunan disini tetap di jaga, karena itu modal sosial kita untuk membangun Sintang,” pesannya.

Bupati Jarot meminta agar gedung kesenian tersebut dijaga sehingga keberadaannya akan bisa dirasakan untuk generasi-generasi kedepannnya.

Sementara mantan Kades Nobal dua periode, M. Kiat mengatakan Gedung Kesenian Batu Linoh, Desa Nobal itu dibangun masa kepemerintahannya yakni di bangun tahun anggaran 2017 lalu dengan total biaya sekitar Rp350 juta yang bersumber dari APBDes.

“Tujuan pembangunan gedung kesenian ini untuk tempat kami menggali potensi kesenian dan adat istiadat disinilah masyarakat bisa belajar kesenian dan budaya lainya, sehingga nanti kalau ada acara budaya di kabupaten kami siap mengikutinya,” kata Kiat.

Kiat berharap meskipun dirinya tak menjabat lagi sebagai Kades Nobal, pemerintahan Desa Nobal yang baru nanti bisa memanfaatkan keberdaan gedung kesenian itu baik untuk acara, maupun kegiatan lainnya dalam hal membina masyarakat di Desa Nobal sehingga Desa Nobal bisa terus maju dan berkembang kedepannya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar