Pasca Cuti Bersama, Bupati Sidak ke Sejumlah Instansi Pelayanan Publik

KalbarOnline, Sintang – Pasca cuti bersama perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019, Bupati Sintang, Jarot Winarno didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Sidak ini menyasar ke sejumlah instansi pelayanan publik seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kantor Camat Sintang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Rumah Sakit Rujukan Ade M Djoen Sintang, Selasa (2/1/19) pagi.

Bupati Jarot mengatakan sidak ini dilakukan guna memastikan proses pelayanan publik yang bersentuhan dengan masyarakat secara langsung pasca cuti bersama Natal dan tahun baru berjalan dengan baik dan lancar sebagai mana mestinya, seperti pengursan pembuatan KTP dan lainnya di kantor capil, proses perizinan di DPMPTSP, serta pelayanan di rumah sakit.

“Yang pertama saya mau liat pelayanan publik langsung. Seperti di Kecamatan Sintang, tapi rupanya di kecamatan belum berfungsi dengan baik. Kemudian saya ke kantor DPMPTSP karena ini penting. Kita sudah canangkan bahwa jadwal ini kita full dengan online single submission dalam rangka memberikan kemudahan kesempatan berusaha agar kompetitif antar daerah dan negara kita semakin baguslah,” tukas Bupati.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Anggota DPRD 2019-2024, Ini Harapan Bupati dan Wakil Bupati Sintang

Bupati menjelaskan Kota Sintang ini merupakan kota yang baru tumbuh sehingga perizinan berkaitan dengan tata guna tanah atau lahan seperti IMB, izin HGU, izin HPL, izin tempat hiburan dan lainnya pasti terdapat masalahan, namun demikian proses pelayanan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Sementara di capil proses pelayanan bagus pasca cuti bersama ini. Pelayanan tetap lancar seperti hari-hari biasa, sidak ke capil ini penting karena ini berkaitan dengan proses penyelenggaraan pemilu, tadi saya cek, jangan sampai hak politik orang hilang gara-gara masalah teknis belum terekam di e-KTP,” tuturnya.

Sementara terkait proses perekaman e-KTP, orang nomor satu di Bumi Senentang ini mendapat laporan bahwa untuk saat ini proses pelayanan perekaman sampai saat ini sudah mencapat 97 persen lebih. Jadi, lanjutnya, hanya tinggal 2 persenan saja yang belum melakukan perekaman.

Baca Juga :  Sekda Sintang Buka Sosialisasi Penanggulangan Bencana 2017

“Teman-teman dari Dukcapil bertekad sisa yang belum melakukan perekaman sebelum hari H pencoblosan sudah selesai semua, mudah-mudahan bisa 100 persen. Paling tidak 99 persen,” tegasnya.

“Sementara tadi ke rumah sakit dilanjutkan oleh Bu Sekda karena saya ada kegiatan lain. Untuk rumah sakit sendiri menurut laporan pelayanan sudah berjalan seperti biasa ya, tidak ada kendala,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang, Syarif M. Taufiq mengatakan menyambut baik sidak yang dilakukan oleh Bupati dan Sekda Sintang.

Sebab, menurutnya hal itu merupakan proses pengawasan langsung dari atasan dan juga koreksi bagi setiap instansi serta sangat disadari juga bahwa sebagai tempat pelayanan publik terkait dokumen kependudukan ini sangatlah penting, sehingga harus menjamin pasca cuti bersama ini loket-loket harus berfungsi. “Alhamdulillah rekan-rekan media bisa liat tadi semua loket berfungsi dengan baik, walaupun beberapa orang yang izin dan ada juga yang cuti. Kalau yang tidak ada keterangan tadi saya cek tidak ada, kalau izin dan cuti ada ketarengan suratnya,” pungkasnya. (*/Sg)

Comment