Bupati Sintang Buka Expo Danau Balek Angin dan Lomba Panjat Pinang Miring di Akcaya I

Bupati Sintang Buka Expo Danau Balek Angin dan Lomba Panjat Pinang Miring di Akcaya I
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya pada pembukaan Expo Danau Balek Angin dan lomba panjat pinang miring di Akcaya I (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Pertama kali di Kabupaten Sintang lomba panjat pinang miring yang diselenggarakan oleh Kelurahan Akcaya I ini menarik perhatian masyarakat, terutama masyarakat kawasan Kelurahan Akcaya I yang tumpah ruah memadati kawasan balek angin ini.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka secara resmi kegiatan Expo Danau Balek Angin dan Lomba Panjat Pinang tersebut dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kawasan Danau Balek Angin, Kelurahan Akcaya I, Kecamatan Sintang, Sintang, Minggu pagi (26/8/2018).

Bupati Sintang Buka Expo Danau Balek Angin dan Lomba Panjat Pinang Miring di Akcaya I
Lomba panjat pinang miring di Akcaya I, Sintang (Foto: */Sg)

Dalam sambutannya, Bupati Jarot mengatakan bahwa kegiatan panjat pinang miring yang diselenggarakan di kawasan danau balek angin ini merupakan kawasan potensi wisata di Kabupaten Sintang.

“Di Akcaya I ini terdapat aset berharga bagi masyarakat Sintang yang selama ini terlupakan dan inilah salah satu potensi wisata yang paling dekat dengan Ibu kota Kabupaten Sintang, tentu ini menjadi perhatian bagi kita semua,” kata Bupati Jarot.

Menurutnya bahwa kawasan danau balek angin ini harus dikembangkan, karena sayang kalau tidak dikembangkan dan dikelola dengan maksimal.

“Sayang potensi ini tidak kita olah untuk menjadi wisata kita, karena kita dapat melepas lelah, kita bisa rileks sejenak bagi masyarkaat Sintang dan juga turis-turis dari luar Sintang dapat datang kesini,” tambahnya.

Selain itu juga, Bupati Jarot menyampaikan pesan dan makna daripada tema HUT RI ke-73 tahun 2018 kali ini.

“Sesuai dengan tema HUT RI ke-73 ini yaitu kerja kita prestasi bangsa jadi kita kumpulkan kegiatan-kegiatan kecil seperti ini maka akan menjadi prestasi bangsa, meski kecil asal kerja kita nyata, meski kegiatan panjat pinang ini di tingkat kelurahan, tapi gaungnya selevel tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Bupati Jarot pada kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa kegiatan dan even-even di Kelurahan Akcaya I ini harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“Mari kita bersama-sama mensukseskan kegiatan ini, dan setiap tahunnya saya minta di buat even seperti ini, karena dapat mengangkat dan mengekspose danau balek angin yang berada di wilayah Kelurahan Akcaya I ini,” pintanya.

Kemudian Bupati Jarot menyempatkan diri bersama panitia untuk menyaksikan lomba panjat pinang.

“Seru, seru, seru, ini sangat seru dan meriah, para peserta antusiasme mengikuti lomba panjat pinang miring ini dan penonton yang hadir juga ikut meneriakkan kelompok peserta yang mengikuti lomba ini, banyak sekali dan ini sangat seru,” ungkap Bupati Sintang seraya tertawa melihat tingkah laku para peserta.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Yustinus mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73.

“Kita selenggarakan lomba panjat pinang miring, kemudian gebuk bantal yang dimana kegiatan ini diinisiasi oleh para pemuda yang ada di lingkungan Kelurahan Akcaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini dan tentunya ini lomba panjat pinang miring dengan pohon pinang terbanyak,” kata Yustinus.

Menurut Yustinus, selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 para panitia penyelenggara menginginkan wilayah Danau Balek Angin ini bisa dikenal banyak masyarakat.

“Kegiatan ini tidak hanya panjat pinang, kami ingin seluruh masyarakat Sintang melihat potensi yang ada di Kabupaten Sintang khususnya potensi alam yang memungkinkan sebagai objek wisata alternatif dan bisa dikembangkan,” tambah Yustinus.

Salah satu penonton kegiatan lomba panjat pinang miring yaitu Pejri Oktana mengungkapkan bahwa aksi para peserta mengikuti lomba ini sangat semangat.

“Saya lihat ini sangat seru sekali, tertawa melihat aksi mereka, apalagi ada yang anak-anak mengikuti ini, tentunya semangat mereka untuk mengambil hadiah tersebut sangat tinggi yang penting semangatnya itu loh,” ungkap Pejri.

Selain itu juga, salah satu penonton lainnya, Samuel Samolo mengungkapkan bahwa ia baru pertama kali melihat perlombaan panjat pinang miring ini.

“Saya kagum ya pertama kali saya lihat ini lomba panjat pinang miring, lokasinya juga asik,” tambahnya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar