Peringati HUT RI ke-73, Pemkab Sintang Lakukan Anjangsana

Pemkab Sintang Lakukan Anjangsana
Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan bantuan saat anjangsana ke Panti Asuhan Hira (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan kegiatan anjangsana, Selasa (14/8/2018).

Anjangsana ini dibagi menjadi dua regu, regu yang pertama dipimpin langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, kemudian regu kedua dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman.

Regu yang dipimpin Bupati Jarot beserta rombongan menyambangi Panti Asuhan Hira yang berada di Jalan Y.C Oevang Oeray Sintang sebelah SMPN 3 Sintang, kemudian dilanjutkan dengan menuju ke Rumah Sakit Pratama Sintang di Jalan M.T Haryono. Sementara regu yang dipimpin Wabup Askiman menyambangi Seminari Menengah St. Yohanes Maria Vianney yang berada di wilayah Menyurai Sintang, Selasa (14/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut pula, pada rombongan Bupati Sintang hadir Kapolres Sintang, Komandan Kodim 1205 Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, jajaran instansi vertikal, dan pimpinan OPD Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa kegiatan anjangsana dengan tujuan utama yaitu ke Panti Asuhan Hira yaitu untuk bertemu dengan anak-anak.

“Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 tahun 2018 kami dari Pemkab Sintang ingin bertemu dengan anak-anak sekalian, karena ada beberapa pejabat belum pernah kesini, jadi saya lihat perkembangan Panti Asuhan Hira ini sangat maju, sekarang bangunan sudah beton, sudah ada Mushola, dan ini patut kita bangga,” kata Jarot.

Menurut Bupati Jarot sesuai dengan amanah Undang Undang Dasar 1945 maka perlu selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang memperhatikan kaum yang kurang beruntung.

“Jadi didalam UUD 1945 itu mengemukakan bahwa anak terlantar, yatim piatu menjadi urusan negara, jadi bertepatan dengan HUT RI ini kami hadir untuk memberikan semangat motivasi kepada anak-anak, karena negara harus hadir untuk mengurus, mengayomi seluruh warga negara termasuk anak yatim piatu ini serta keluarga harapan,” tuturnya.

Selain itu juga, Bupati Jarot berkunjung ke Rumah Sakit Pratama Sintang dalam kesempatan tersebut Jarot mengatakan bahwa kedatangan tim anjangsana dari Pemkab Sintang ke RS Pratama untuk memberikan dukungan kepada rumah sakit dan memberikan doa kepada pasien agar cepat sembuh.

“Kita hadir di RS Pratama ini untuk memberikan support dukungan, karena RS ini sudah menjadi akreditasi, dan sudah lebih maju, kemudian kehadiran kita dalam anjangsana ini ke RS Pratama untuk menjenguk pasien yang sakit, kita berikan dorongan dan doa agar mereka cepat sembuh diangkat penyakitnya,” tambahnya.

Sementara, pengurus Panti Asuhan Hira, Salmon mengatakan bahwa kedatangan para rombongan ke Panti Asuhan Hira disambut dengan baik dan Salmon menjelaskan tentang kondisi Panti Asuhan Hira.

“Hari ini kami senang hati karena Bupati Sintang beserta rombongan hadir di Panti Asuhan Hira ini, kami juga sampaikan bahwa Panti Asuhan ini memiliki jumlah anak sebanyak 37 orang, 10 pria, 27 wanita, yang dimana mereka berpendidikan di SMP/SMA, bahkan Perguruan Tinggi semuanya di Kabupaten Sintang,” kata Salmon.

Selain itu juga salah seorang keluarga pasien di Rumah Sakit Pratama yang enggan disebutkan namanya itu merasa bahagia dan senang saat anaknya dijenguk oleh Bupati Jarot atas nama Pemkab Sintang.

“Ya tentu saya bangga dan merasa terharu tiba-tiba pak Bupati, Pak Kapolres, Pak Dandim, Bu Sekda dan jajaran lainnya datang kesini, lihat kondisi anak kita, apalagi Pak Bupati tadi melihat langsung kondisi anak saya yang sedang terbaring lemah,” ujarnya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar