Pendopo Bupati Sintang Hangus Terbakar, Diduga Disambar Petir

Rumah Dinas Atau Pendopo Bupati Sintang Hangus Terbakar, Diduga Disambar Petir (Foto: FB)
Rumah Dinas Atau Pendopo Bupati Sintang Hangus Terbakar, Diduga Disambar Petir (Foto: FB)

KalbarOnline, Sintang – Rumah dinas atau Pendopo Bupati Sintang hangus terbakar, Kamis pukul 01.00 dini hari ini. Kebakaran diduga disebabkan oleh sambaran petir yang menghantam bagian atap bangunan tersebut.

Kabag Humas Pemkab Sintang, Kurniawan mengatakan bahwa berdasarkan informasi warga yang pertama kali melihat kejadian tersebut, petir menyambar atap pendopo sebanyak tiga kali, sehingga menimbulkan percikan api.

Meski tim pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi, dan hujan deras terus mengguyur Kota Sintang, api tetap terus berkobar menghanguskan seluruh bangunan Pendopo Bupati Sintang.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.30 WIB setelah meludeskan seluruh bangunan Pendopo Bupati Sintang.

Kurniawan mengakui bahwa Bupati Sintang, Jarot Winarno telah mengetahui peristiwa kebakaran yang melanda rumah dinasnya.

“Peristiwa kebakaran Pendopo Bupati Sintang ini sudah kita infokan kepada Bapak Bupati yang saat ini sedang menjalani tugas di Palembang,” tukasnya.

Lanjut Kurniawan, ada beberapa barang-barang yang berhasil diamankan seperti, dokumen kerja Bupati yang tersimpan dalam brankas dan dokumen-dokumen lainnya, pakaian, mobil dinas serta perlengkapan lainnya.

“Brankasnya Bupati Sintang sudah kita amankan di rumah pribadi beliau,” terangnya.

Pendopo atau Rumah Dinas Bupati merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sintang, karena dibangun sejak jaman penjajahan, ditambah design arsitekturnya yang kental dengan nuansa kuno.

Pendopo atau rumah rakyat yang telah hangus terbakar itu tentu akan sangat dirindukan masyarakat Sintang dikemudian hari. (Sg)

Tinggalkan Komentar