Bupati Jarot Dukung Program Sawit Lestari

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian Kantor Koperasi Produksi Rajawali Citra Nusantara Binjai Hulu (Foto: */Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Memberikan Sambutannya, Pada Peresmian Kantor Koperasi Produksi Rajawali Citra Nusantara Binjai Hulu (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, melaksanakan pengukuhan klasterisasi perkebunan kelapa sawit di Binjai Hulu sekaligus meresmikan Kantor Koperasi Produksi Rajawali Citra Nusantara Kecamatan Binjai Hulu, Kamis (19/7/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot menyatakan bahwa seiring dengan pelaksanaan Festival Investasi (Festinvest) Bukit Kelam 2018, telah kedatangan tamu dari Duta Besar Kamboja untuk melihat secara langsung potensi yang dimiliki Kabupaten Sintang yang bisa dijual.

“Bahkan dalam kunjungannya, Duta Besar Kamboja menyatakan bahwa Sintang ini seperti satu kota yang ada di negara Kamboja dengan kultur budayanya yang hampir mirip, dan menawarkan kerjasama saling mempelajari budaya,” ujar Bupati.

Selain itu, kata orang nomor satu di Bumi Senentang ini, kemarin juga kedatangan tamu pembeli sawit terbesar di dunia dari India.

“Karena Indonesia merupakan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia dan India merupakan pembeli terbesar di dunia, kedua negara ini juga akan bisa bekerjasama namun ada satu syarat bahwa Indonesia harus bisa membuktikan bahwa hasil kelapa sawit yang dihasilkan adalah kelapa sawit lestari yang berkelanjutan,” tukasnya.

Bupati Jarot menegaskan bahwa kelapa sawit lestari berkelanjutan adalah perkebunan kelapa sawit yang produksinya tidak merambah hutan lindung, serta cara penggarapan membuka lahan tidak dengan membakar hutan, menggunakan pupuk organik, tidak menggarap tanah gambut sebagai lahan kelapa sawit, serta tidak merusak tanaman khas daerah seperti tumbuhan kantong semar.

Bupati juga menjelaskan bahwa jenis usaha seperti koperasi produksi Rajawali Citra Nusantara Kecamatan Binjai Hulu, sudah menunjukan sawit lestari seperti produksi pupuk kompos dan pupuk organik cair.

“Saya berharap usaha yang sudah dilakukan ini terus ditingkatkan guna mendukung progran sawit lestari di Indonesia yang saat ini terus digaungkan Presiden RI Joko Widodo,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan pengukuhan klasterisasi perkebunan kelapa sawit Binjai Hulu ini sekaligus dilakukan peresmian kantor Koperasi Produksi Rajawali Citra Nusantara Kecamatan Binjai Hulu yang turut dihadiri Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, H. Sudirman, Ketua Asosiasi FASDA Kalbar, Mei Irwoko, Ketua PNM Cabang Kabupaten Sintang, Setyo Nugroho Indartanto, pejabat Forkopimcam, perangkat desa serta para kelompok UKM Kecamatan Binjai Hulu. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar