Sertijab Kepala LPP RRI Sintang, Afen Harap RRI Mampu Mencegah dan Minimalisir Penyebaran Hoax

Asisten III Sekretariat Daerah Sintang, Drs Marchues Afen, Saat Menghadiri Sertijab Kepala LPP RRI Sintang (Foto: Sg/Hms)
Asisten III Sekretariat Daerah Sintang, Drs Marchues Afen, Saat Menghadiri Sertijab Kepala LPP RRI Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Asisten III Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Bidang Administrasi Umum, Drs Marchues Afen, M.Si menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Kepala Lembaga Penyiaran publik (LPP) RRI Sintang di aula RRI Sintang, Kamis pagi (14/9).

Dalam kesempatan tersebut, Marchues Afen menyampaikan sambutan Bupati Sintang, Jarot Winarno yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang mengucapkan selamat dan terima kasih baik kepada pejabat yang lama dan yang baru di LPP RRI Sintang.

“Kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada bapak Maryoto, S.Kom, MM yang kini mendapat amanah menjadi kepala LPP RRI Sintang yang baru, kami berharap penugasan yang baru sebagai ladang pengabdian bangsa dan negara, selain itu kepada bapak M Lahar Budiyarso, S.Sos, M.AP, kiranya dapat segera beradaptasi di tempat yang baru dan kami juga mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama bertugas di RRI Sintang karena telah mampu bersinergi dengan Pemerintah daerah baik dalam memberikan informasi publik serta mendukung program pembangunan Pemkab Sintang,” ungkap Afen.

Lebih lanjut Afen menjelaskan, mengingat saat ini Indonesia sedang menghadapi persoalan yang sangat serius yaitu menguatnya penyebaran berita atau informasi bohong atau hoax yang di produksi dan disebarkan secara masif melalui berbagai media, baik media masa maupun media sosial, akibatnya berita bohong atau hoax tersebut telah berhasil menggerogoti sikap saling percaya, memicu sentimen saling curiga, memperbesar rasa benci dan bahkan menyebar konflik yang mencemaskan.

“Peran RRI sangat penting dalam melawan berita bohong atau hoax ini karena RRI mempunyai tugas seperti memberikan pelayanan informasi, pendidikan dan perekat sosial dan RRI juga merupakan lembaga penyiaran publik yang menyelenggarakan kegiatan penyiaran radio bersifat independen, netral, tidak komersial dan berfungsi memberikan layanan untuk kepentingan masyarakat,” jelas Afen.

Lebih lanjut, Afen menambahkan peran RRI dalam mencegah dan menimalisir penyebaran berita dan informasi bohong atau hoax sangat diharapkan, sebab RRI dengan sumber daya yang dimiliki dapat meningkatkan literasi media bagi masyarakat sehingga terdapat sikap dan perilaku masyarakat dalam menerima, menyaring dan mengelola informasi semakin baik serta terkontrol.

“Pemerintah daerah mengajak RRI Sintang semakin memperkuat peran kontrol sosial yakni menyediakan ruang atau waktu untuk membangun kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi penyelenggaraan pembangunan daerah, praktek korupsi dan penyalahgunaan wewenang harus kita lawan terutama di daerah kita karena hal itu penting dalam upaya kita membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di Kabupaten Sintang,” tambah Afen.

Sementara Kepala LPP RRI, Maryoto mengucapkan terima kasih kepada dewan pengawasan RRI dan juga direksi karena telah mempercayakan dirinya untuk bergabung atau memimpin RRI Sintang.

“Saya mohon izin kepada pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya yang ada di Kabupaten Sintang ini untuk bisa bekerja sama dalam menjalankan tugas yang di amanatkan kepada saya, terlebih RRI diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam akselerasi percepatan pembangunan di Sintang ini karena RRI itu tidak hanya untuk menghibur tetapi juga untuk menyampaikan informasi yang akurat dan aktual,” ucapnya.

Lebih jauh Maryoto berharap dukungan semua pihak kepada dirinya untuk memimpin RRI Sintang sehingga peran RRI dalam membantu pemerintah dalam pembangunan semakin bermanfaat melaui informasi informasi yang disampaikan.

Sementara Kepala LPP RRI Sintang yang lama, M Lahar Budiyarso berharap kepada Kepala LPP RRI yang baru untuk terus melanjutkan kepemimpinan di RRI Sintang agar terus maju dan terdepan sebagai informasi publik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukung saya selama 6 bulan 14 hari memimpin RRI Sintang dan semoga Pak Maryoto segera menyesuaikan diri di Sintang terlebih budaya dan seni di Sintang ini sangat antusias dalam mengisi program siaran di RRI,” tutur Lahar. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar