Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman,MM (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman,MM (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman meninjau langsung progres pembangunan Rumah Betang Tampun Juah Sintang di Desa Jerora Satu, Kecamatan Sintang, belum lama ini.

Turut hadir mendampingi Wabup, Ketua DPRD sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang, Jefray Edward dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Sintang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Askiman mengatakan bahwa tujuan dari pada peninjauan tersebut yakni untuk melihat secara langsung baik dan memastikan sejauh mana progres pembangunan rumah betang dari peletakan batu pertama 24 agustus 2015.

“Kita tidak hanya melihat progres pembangunannya saja tetapi juga kita akan melihat secara langsung konstruksi yang terpasang pembangunan ini sampai dimana,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sejauh ini progres pengerjaan rumah betang tersebut tidak menemui kendala yang berarti, hanya kendalanya persoalan pembiayaan untuk merampungkan bangunannya.

Sementara untuk total anggaran yang di perlukan sekitar Rp11 miliyar lebih, yang sudah di anggarakan Rp7,5 miliyar secara bertahap dan masih kekurangan Rp3,5 miliyar untuk menyelesaikan bangunannya.

“Karena ini sudah lama direncanakan sudah mulai di bangun beberapa tahun yang lalu, untuk tahun 2017 ini sudah kita anggarkan Rp2,5 Miliyar rupiah untuk pengerjaannya yang sampai atap nanti,” paparnya.

Ia juga menuturkan adanya satu kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan DPRD di bidang budgeter agar kedepan bisa dianggarkan dan dirampungkan bersama.

“Tentunya ini sudah menjadi suatu pembicaraan bagi semua masyarakat adat karena memang ini menjadi kebutuhan buat masyarakat adat dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan adat yang selama ini hanya menumpang di tempat umum,” tandasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY