Bupati Sintang, Jarot Winarno Menyalami satu persatu PNS usai upacara peringatan HUT Korpri Ke-45 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno Menyalami satu persatu PNS usai upacara peringatan HUT Korpri Ke-45 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan upacara untuk memperingati hari Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) yang ke 45 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa (29 November 2016).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bupati Sintang H. Jarot Winarno. Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Sintang Askiman, Ketua DPRD Sintang Jefray Edward, Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah dan seluruh kepala SKPD dan staf serta instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sintang. Tim paduan suara Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang turut mengisi kegiatan upacara dengan menyanyikan Mars Korpri setelah berlatih sekitar dua minggu.

Bupati Sintang H. Jarot Winarno saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang juga Penasihat Nasional KORPRI, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada segenap keluarga besar KORPRI yang sudah dan sedang mengemban tugas, langgungjawab, setta pengabdian kepada negara, bangsa. dan rakyat, di seluruh penjuru tanah air dan dunia.

“saya mengapresiasi tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-45 KORPRI yakni bersama KORPRI Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara”, ungkapnya.

Sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun 2017. Pilkada Serentak 2017 mendatang hendaknya menjadi momentum sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme.

Pengabdian anggota KORPRI bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu. Melainkan pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa, dan rakyat.

Ketika kita bicara tentang pemberantasan praktik korupsi dan pungli, ketika kita bicara tentang peningkatan kualitas pelayanan publik, tentang memenangkan kompetisi global dengan pelayanan publik yang prima, maka sesungguhnya anggota KORPRI berada di garis depan perjuangan.

Agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggung jawab. dan berorientasi kerja.

“Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka” tambah H. Jarot Winarno.

Bupati Sintang menambahkan agar seluruh anggota Korpri untuk  memfokuskan energi pada intisari dari pelayanan publik yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. Untuk itu setiap anggota KORPRI haruslah menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukannya bagian dari masalah bangsa.

“artinya teruslah melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik. Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan nasional” terang H. Jarot Winarno.

Menurut Bupati Sintang, KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perifaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

“Saya harap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemenntahan, korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa. Akhirnya, kepada segenap jajaran KORPRI di manapun Saudara bekerja, saya ucapkan selamat menunaikan tugas dan kewajiban Saudara. Lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara” pesan Bupati Sintang.

Usai upacara, Bupati Sintang menyerahkan piala kepada SKPD yang menjadi pemenang pertandingan badminton, ASN Teladan dan meresmikan operasional dua videotron milik Pemkab Sintang yang dipasang di depan kantor Bupati Sintang dan kawasan simpang lima. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY