Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Saat Memberikan Kuliah Umum di Auditorium Auditorium Universitas Tanjung Pura Pontianak (Foto: Ist)
Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Saat Memberikan Kuliah Umum di Auditorium Auditorium Universitas Tanjung Pura Pontianak (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian dijadwalkan hadir ke Kota Pontianak Kalimantan Barat dalam dalam rangka kunjungan kerja.

Satu di antara agendanya adalah memberikan kuliah umum di Universitas Tanjung Pura Pontianak, lalu akan dilanjutkan peresmian Pontianak Command Center (PCC), apel besar satgas penanggulangan karhutal se KalBar, meninjau bhakti kesehatan Polri dan arahan kepada personel Polda Kalbar.

Selain memberikan kuliah umum di Auditorium Universitas Tanjung Pura Pontianak yang bertemakan ‘Perkembangan Demokratisasi dan Globalisasi serta Dampaknya Bagi Kebhinekaan di Indonesia’, Kapolri Jenderal Tito juga sebelumnya dijadwalkan melakukan ramah tamah dengan para Rektor se Kalimantan di ruang Pendopo Auditorium Universitas Tanjung Pura.

Kemudian, usai ramah tamah dan memberikan kuliah umum yang dihadiri ribuan peserta, terdiri dari mahasiswa Untan penerima beasiswa, perwakilan BEM Perguruan Tinggi se-Kalbar, Rektor se-Kalimantan serta Dirjen pendidikan tinggi, Kapolri juga akan melakukan pendatangan nota kesepahaman (MoU), pembacaan deklarasi narkoba, dan pelantikan pengurus Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Antipena).

Usai kegiatan tersebut, Kapolri akan melanjutkan kegiatannya yakni melakukan peninjauan kegiatan Bhakti Kesehatan Polri di halaman Auditorium Universitas Tanjung Pura Pontianak, dan akan didampingi Kapolda, Kapusdokkes dan PJU Polda Kalbar, Panitia kerjasama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Untan yang diperkirakan dihadiri ribuan massa.

Setelah itu, Kapolri dijadwalkan memimpin Apel Besar Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di halaman Jananuraga Mapolda Kalbar, sekitar pukul 15.00 Wib.

Apel Siaga Karhutla yang digelar di Kalbar menurut Kapolri Tito Karnavian merupakan pertama kali di Indonesia, ia berharap dengan digelarnya apel tersebut, tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

Turut hadir dalam acara apel tersebut, Gubernur Kalbar, Cornelis, Pejabat teras Polda Kalbar, Pangdam XII Tanjungpura, Bupati se Kalbar, Walikota Pontianak dan sejumlah pejabat lainya.

Dalam sambutannya, Kapolri meminta kepada media untuk mensosialisasikan tentang membersihkan lahan tanpa dengan membakar dan membuat kanal- kanal untuk memperkecil terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Setelah Apel Besar Karhutla selesai, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis alat memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang diterima oleh Ketua Pemadam Kebakaran Swasta, Ateng Tanjaya yang juga merupakan penggagas dan pembentuk Tim karhutla di Kalbar. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

1 COMMENT

LEAVE A REPLY