Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Beserta Forkopimda Sanggau, Saat Melakukan Panen Raya Padi dan Sayur di Desa Tunggal Bhakti (Foto: Ist)
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Beserta Forkopimda Sanggau, Saat Melakukan Panen Raya Padi dan Sayur di Desa Tunggal Bhakti (Foto: Ist)

Motivasi kelompok tani

KalbarOnline, Sanggau – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, John Hendri menghadiri panen raya padi dan sayur dalam rangka mendukung ekspor beras 2017 di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau para petani untuk menjual gabah ke pemerintah melalui Bulog.

“Pemerintah siap membeli gabah petani,” ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa kegiatan panen ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya kelompok tani.

“Sekarang di media, baik di koran maupun online sering memberitakan soal Desa Tunggal Bhakti. Saya berharap pemberitaan ini sekaligus bisa memacu semangat petani untuk menanam,” asanya.

Ia menyatakan bahwa pihaknya terus mendorong keberhasilan dalam cetak sawah yang bertujuan mewujudkan kemandirian pangan. Untuk itu, pemerintah menyiapkan keperluan yang dibutuhkan petani.

“Kami sudah membantu petani dari mulai bibit, pupuk, dan kami pun meminta tolong petani membantu kami dengan serapan gabah. Jadi kita saling membantu dan berkerja sama khususya di bidang pertanian,” terangnya.

Sementara, Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Hery Purwanto menegaskan bahwa TNI siap mendukung program pertanian yang dicanangkan pemerintah.

Dandim berharap seluruh dinas/instansi terkait, bersinergi memajukan pertanian di Kabupaten Sanggau.

“Kita meminta agar para petani tidak sungkan untuk bertanya dengan petugas di lapangan. Termasul PPL dan Danramil atau Bhabinsa. Kalaupun ada persoalan bisa kita selesaikan bersama, kalau Danramil tidak bisa karena bukan orang teknis, mereka nanti akan langsung berkoordinasi dengan petugas teknis yang memahami pertanian,” paparnya.

Sementara Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengingatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian ekosistem alam.

“Jangan sampai kita rusak. Hari ini kita telah meleksanakan panen padi dan sayur, tadi kita telah menyaksikan panen bersama, ini sangat luar biasa, hamparan sawah semua padi tidak ada rumput-rumputnya, saya jadi semangat untuk melaksanakan panen,” tandasnya. (Leo)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY