Kapal Tanker Samudra Biru 168 Terbakar Akibat Bertabrakan Dengan KM Rokan Permai di Perairan Sungai Kapuas (Foto: Ist)
Kapal Tanker Samudra Biru 168 Terbakar Akibat Bertabrakan Dengan KM Rokan Permai di Perairan Sungai Kapuas (Foto: Ist)

KalbarOnline, Mempawah – Kapal tangker Samudra Biru 168 dari arah Jakarta menuju Depot Pertamina Pontianak terbakar. Kapal bermuatan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax itu ditabrak kapal cargo KM Rokan Permai di alur Sungai Kapuas Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (7/5) sekitar pukul 00.30 WIB.

Kecelakaan di perairan ini diduga KMR Rokan Permai bermuatan kernel itudiduga tidak berfungsinya kemudi KM Rokan sehingga menabrak kapal Samudera Biru.

“Akibat tabrakan tersebut, kapal tanker terbakar,” ungkap Dir Polair Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi Rasad saat ditemui wartawan, Jumat siang.

Berdasarkan keterangan nahkoda KM Rokan Permai, peristiwa tabrakan tersebut terjadi berawal dari tidak berfungsinya kemudi kapal. Sehingga kapal mengarah ke kanan menuju arah muara dan dari arah berlawanan ada kapal tanker.

“Karena jarak yang sudah terlalu dekat, sehingga tidak dapat dihindari dan terjadi tabrakan tersebut,” tuturnya.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih mendalami peristiwa tabrakan ini.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah kali ini. Semua anak buah kapal dapat dievakuasi oleh anggota kepolisian. Kapal Tanker saat itu mengangkut 22 orang sementara kapal kernel mengangkut 16 orang. (Fai/AkcayaNews)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY