KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang Jarot Winarno beserta rombongan menghadiri kegiatan Gawai Adat Nyelepat Tahun Ketemenggungan Dayak Linoh Dakan Gandis di desa Nobal, kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang, Senin (11/06/2016).

Kedatangan rombongan Bupati Sintang disambut dengan tarian adat masyarakat setempat, masyarakat juga tampak antusias menyambut kedatangan rombongan orang nomor satu di bumi senentang ini.

Bupati Sintang dalam sambutannya mengatakan pembangunan tidak boleh hanya pada pembangunan fisik saja, membangun masyarakat Sintang dengan kultur budaya, adat, kerohanian dan keagamaannya juga harus dilakukan.

“Kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera, serta tata kelola pemerintah yag baik dan bersih,” ungkap Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Jarot juga meminta kepada masyarakat setempat Untuk selalu menjaga dan melestarikan kearifan lokal budaya adat yang telah diajarkan sejak nenek moyang terdahulu.

“Budaya mendorong kita melesestarikan adat kita,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Jarot kegiatan olahraga dan kesenian di wilayah sei tebelian sangat potensial, untuk itu diharapkan dapat terus ditumbuh kembangkan sehingga maju dengan pesat, “Mari salurkan kegiatan kita kearah yang positif dan jangan lupakan kelestarian adat dan budaya,” pinta Jarot.

Jarot juga mengatakan wilayah kecamatan sei tebelian sangat penting apalagi pada bulan oktober mendatang bandara internasional tebelian airport akan dioperasikan, kehadiran bandara ini juga menarik investor masuk berinvestasi kedaerah ini, sehingga kecamatan tebelian menjadi wilayah yang produktif dan maju dan menjadi contoh bagi kecamatan lain untuk membangun wilayahnya.

“Perlu kerjasama yang baik untuk itu, ciptakanlah situasi yang kondusif dengan investor yang ada,”pintanya.

Kendati demikian tambah Jarot tidaklah dipungkiri masih banyak kekurangan terutama infrastuktur jalan, sekolah dan kesehatan yang harus dibenahi.

“Ini juga aspirasi masyarakat disini dan tentutnya satu persatu akan kita benahi,” ungkapnya.

Jarot juga menyampaikan adanya aspirasi masyarakat yang menginginkan pemekaran kecamatan sei tebelian menjadi dua kecamatan, “hal tersebut juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Propinsi dan DPRD,” pungkasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY