Buka Musrenbang RKPD Sintang, Bupati Jarot Sebut Fokus Tahun 2020 : Sinkronisasi Pembangunan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Sintang tahun 2020.

Musrenbang RKPD yang turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan itu dilangsungkan di Gedung Pancasila, Selasa (26/3/2019).

Bupati Jarot dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kerja resmi Wakil Gubernur Kalbar ke Sintang yang kali keduanya ini tentu membawa spirit dan harapan positif bagi pembangunan Sintang untuk masa mendatang.

“Kita berkumpul dalam forum Musrenbang ini, guna penyusunan rencana kerja pembangunan daerah Sintang tahun 2020. Ada dua aspek penting yang harus mendapat perhatian serius bersama yaitu rentang waktu tahun 2020 dan cara pandang dinamika kita pada tahun 2020 menjadi sangat penting,” ujarnya.

Baca Juga :  Buka Gawai Dayak Desa Jerora 1, Wabup Minta Pihak Desa Siapkan Diri Sebagai Desa Wisata

“Dalam lingkup nasional tahun 2020 adalah tahun awal dan dari realisasi janji-janji politik para pimpinan nasional baru hasil pemilu 2019, tentu saja kita berharap adanya kontinuitas prioritas nasional yang hendak dimulai dengan apa yang sudah kita kerjakan selama ini, karena adaptasi hal tersebut sangat penting kita lakukan dalam forum Musrenbang ini,” jelasnya.

Orang nomor wahid di Bumi Senentang ini mengatakan bahwa forum Musrenbang ini juga dapat memastikan, dapat memadukan empat kata kunci dari tema RKPD Sintang tahun 2020.

“Kita harus mengakui hingga saat ini masalah seperti kegawatdaruratan infrastruktur jalan dan jembatan masih merata di seluruh wilayah, angka kemiskinan masih sekitar 10,35 persen atau 42.646 jiwa di tahun 2018 dengan garis kemiskinan tertinggi se-Kalbar yaitu 551.704 dan yang harus kita perkuat adalah sinkronisasi dan sinergitas pembangunan daerah,” tukasnya.

Baca Juga :  Wabup Sintang Kukuhkan 34 Paskibraka

“Untuk itu fokus perhatian kita di tahun 2020 adalah sinkronisasi pembangunan kabupaten, provinsi dan nasional, kegiatan prioritasnya seperti pembangunan PLBN Sungai kelik, pembangunan ruas ruas jalan provinsi menuju Serawai dan Ketungau, Pembangunan SMA/SMK unggulan, penyempurnaan Bandara Tebelian, penyelesaian Rumah Sakit rujukan dan saya minta seluruh OPD Sintang meningkatkan koordinasi dengan OPD provinsi, Kementerian dan lembaga teknis,” pungkasnya.

Pada musrenbang ini selain dihadiri Wagub Kalbar, juga dihadiri anggota DPRD Kalbar, Kepala Bappeda Kalbar, Danrem 121/ABW, SKPD Provinsi Kalbar, Ketua dan anggota DPRD Sintang, forkopimda Kabupaten Sintang, Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, para Pimpinan OPD Kabupaten Sintang, Camat, pimpinan instansi vertikal, serta para tamu undangan lainnya. (*/Sg)

Comment