Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Memberikan Arahannya, Pada Pembukaan Musrenbang RKPD Sintang 2019 (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Memberikan Arahannya, Pada Pembukaan Musrenbang RKPD Sintang 2019 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman MM bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra Yosepha Hasnah M.Si membuka acara musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah (Musrenbang-RKPD) di Gedung Pancasila Sintang, Rabu (21/3).

“Kita memerlukan perencanaan yang berkualitas untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan yang ada di daerah kita ini. Pendekatan perencanaan pembangunan harus bersifat holistik-tematik, integratif dan spasial,” ujar Wabup Askiman.

Orang nomor dua di Bumi Senentang ini juga menegaskan bahwa sifat-sifat dalam pembangunan tersebut haruslah dibuat secara menyeluruh, terfokus, terpadu dan selaras dalam pelaksanaannya. Selain itu pembuatan perencanaan ini juga mensyaratkan basis data dan informasi yang baik dan jelas.

“Saya berharap kita semua yang ada di sini mau bersungguh-sungguh mencurahkan tenaga dan pikiran pada acara ini. Sehingga musrenbang ini akan menghasilkan dokumen perencanaan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” harapnya.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang selaku leading sektor Musrenbang ini mengusung tema ‘penurunan angka kemiskinan melalui peningkatan insfrastruktur dasar, sanitasi, optimalisasi air bersih dan peningkatan sumber energi baru terbarukan’. Tema ini juga merupakan tema rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2019.

Kartiyus, selaku Kepala Bappeda Kabupaten Sintang sekaligus Ketua Panitia Musrenbang. Mengatakan bahwa musrenbang ini digelar bermaksud untuk mensinkronkan berbagai aspirasi dari para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sintang. Selain itu, pemerintah menginginkan dengan mekanisme musrenbang ini proses pelaksanaan pembangunan yang partisipatif di Kabupaten Sintang.

Musrenbang ini dimulai dengan pembukaan, kemudian pengarahan dan paparan rancangan RKPD Kabupaten Sintang tahun 2019. Ada pula paparan rancangan dari forum OPD, mulai dari bidang persemakmuran, pekerjaan umum, pengelolaan keuangan dan pelayanan publik, kesehehatan, pendidikan, sarana dan prasarana serta bidang kesejahteraan sosial.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja kita di tahun depan. Diharapkan kita akan mencapai kesepakatan tentang prioritas pembangunan di Kabupaten Sintang pada tahun 2019,” ucap Kartiyus.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Sintang. Seluruh Camat se – Kabupaten Sintang dan sejumlan Lurah di Kota Sintang yang diikuti kurang lebih 100 peserta.

Turut hadir Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY