Dokter Puskesmas Sungai Ayak, dr Rossy Tejaningsih (Foto: Mus)
Dokter Puskesmas Sungai Ayak, dr Rossy Tejaningsih (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Musim yang tidak stabil dapat berdampak pada kesehatan, pasca musim Pancaroba. Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau menghimbau warga agar tetap menjaga kesehatan. Terkait pengadaan obat-obatan, Dinkes Sekadau berharap dukungan dari Pemerintah Provonsi.

“Keadaan seperti ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kondisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan. Bukan cuma kodisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada moody untuk beraktivitas,” ungkap Dokter Puskesmas Sungai Ayak, dr Rossy Tejaningsih, Jum’at (17/2).

Alumnus Maranatha Bandung itu mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini. Jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu.

“Menjaga kesehatan bisa dengan perbanyak konsumsi air putih agar tidak dehidrasi, tak lupa juga makan dengan nutrisi seimbang. Tidur dan istirahat cukup, dan waktu tidur yang baik setidaknya 6 jam dan hindari tidur larut malam, serta kalau bisa tambah waktu berolahraga,” tutupnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Emmanuel menegaskan untuk mengantisipasi supaya tidak mudah terserang penyakit jagalah kesehatan, tingkatkan Perilaku Hidup Bersih (PHBS) di rumah masing-masing dan sekitarnya.

“Untuk pengadaan obat-obatan pihak dinkes, pengendalian penduduk dan keluarga berencana berusaha dengan maksimal, dan kita juga berharap dari provinsi mendukung pengadaan obat tersebut. Untuk bantuan lain-lainnya, kita bekerjasama berkoordinasi dgn dinas terkait seperti dinas sosial,” imbuhnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY