Wakili Bupati, Sekda Ketapang Hadiri World Water Forum ke-10 di Bali

KalbarOnline, Bali – Mewakili Bupati Ketapang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri acara World Water Forum (WWF) ke-10, di Bali, 18 – 25 Mei 2024.

Dalam rangkaian acara itu, Kementerian PUPR menyelenggarakan special event dengan tema, “Achieving Universal Access of Water Supply Service and 2045 Indonesia Emas Vision Through water supply Sector Transformation”. Tema ini didapat dari pengalaman negara Portugal.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dalam forum tersebut, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan delegasi Portugal  memberikan paparan tentang WWF di Ball Room Grand Hyatt Bali.

Mereka mengatakan, tujuan diadakannya  WWF adalah untuk mengatasi isu-isu air global. Isu air global ini sebetulnya sudah dibahas sejak pertama kali diadakan WWF, yakni pada tahun 1997. Sejak itu pula, WWF menjadi acara penting dalam agenda global mengenai isu-isu air.

Baca Juga :  HMI Benarkan Mantan Ketumnya Ada di Pesawat yang Hilang Kontak

Setelah WWF ke-9 di Nigeria, maka  Indonesia dipercayai menjadi tuan rumah WWF yang ke-10. WWF yang ke-10 ini mengusung tema, “Water For Shared Prosperity” atau “Air Untuk Kesejahteraan Bersama”.

Rangkaian pembukaan WWF ke-10 telah dimulai sejak Sabtu (18/05/2024) dengan ritual upacara Segara Kerthi, yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali, Denpasar.

World Water Forum sendiri diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan kerja sama antara negara tuan rumah dan World Water Council (WWC).

Baca Juga :  Berkas P21, Djoko Tjandra Segera Disidang

Forum tersebut menjadi sarana pertemuan internasional, yang membahas tentang isu-isu air secara global, khususnya membahas serta merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

Dalam event berskala internasional itu, Pertamina Group juga memaparkan sejumlah upaya untuk menjaga keberlangsungan air bersih. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment