Sekda Kapuas Hulu Hadiri Reforma  Agraria Summit 2024 di Bali 

KalbarOnline, Bali – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menghadiri pertemuan Reforma Agraria Summit 2024 yang dilaksanakan di Bali dari tanggal 14 sampai 15 Juni 2024 .

Kegiatan yang mengangkat tema “Sinergi Untuk Reforma Agraria Berdampak dan Berkelanjutan” ini dimotori oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Agraria.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Reforma Agraria Summit 2024 membahas empat fokus, yaitu pertama Resolusi Penyelesaian Legalisasi Aset Permukiman di Atas Air, Pulau-pulau Kecil, dan Pulau Terluar, kedua Resolusi Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Transmigrasi, ketiga Penyelesaian Konflik Agraria pada Aset BMN/BMD, BUMN/BUMD yang Dikuasai Masyarakat, serta keempat Resolusi Penyelesaian Redistribusi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan.

Baca Juga :  Sekda Mohd Zaini Minta Camat Proaktif Bawa Perubahan Menuju Kapuas Hulu Hebat

Pada puncaknya, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Agraria dan Tata  Ruang/Kepala Badan Pertanahan  Nasional selaku Ketua Harian Tim  Percepatan Reforma Agraria Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dalam kesempatan itu diinformasikan beberapa hal:

  1. Kabupaten  Kapuas Hulu memiliki Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) terbesar di Provinsi Kalimantan Barat. 
  2. Pemerintah Kapuas Hulu berhasil melakukan percepatan Redistribusi Pelepasan Kawasan Hutan (PKH) terbesar di Prov Kalbar yang juga sebagai bukti bahwa Pemda KH ikut serta mensukseskan hal tersebut
  3. Tahun 2023 Kantor Pertanahan Kapuas Hulu berhasil mendapatkan Juara 2 Tingkat Nasional dalam Pelaksanaan kegiatan Redistribusi Tanah dari TORA PKH Terbaik Tahun 2023 oleh Kementrian ATR / BPN RI
  4. Tahun 2023 Kantor Pertanahan Kapuas Hulu berhasil mendapatkan Juara 1 Tingkat Provinsi Kalbar dalam Penyelesaian Redistribusi Tanah Tercepat Tahap 1 oleh Kanwil ATR/BPN Provinsi Kalbar.
Baca Juga :  Royalti 0 Persen Hilirisasi Batu Bara Harus Selektif

Turut hadir juga Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tenri Abeng. (Haq)

Comment