Pesona Air Terjun Lubuk Mantuk: Destinasi Wisata Alami di Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Indonesia adalah surga bagi pecinta alam dengan berbagai macam keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi yang belum banyak dikenal namun memiliki pesona luar biasa adalah Air Terjun Lubuk Mantuk, yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Gurung Sepangin.

Berlokasi di Tekudak, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, air terjun ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Air Terjun Lubuk Mantuk awalnya dikenal dengan nama Air Terjun Gurung Sepangin. Nama “Lubuk Mantuk” sebenarnya berasal dari sebuah kampung yang terletak di selatan ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu.

Namun, karena popularitas nama tersebut di kalangan masyarakat lokal dan pengunjung, akhirnya destinasi wisata ini lebih dikenal sebagai Air Terjun Lubuk Mantuk.

Pergeseran nama ini mencerminkan bagaimana sebuah destinasi wisata dapat dipengaruhi oleh sebutan yang umum digunakan oleh pengunjungnya.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Pontianak Minta Disporapar Tetapkan Destinasi Wisata Hingga ke Tingkat Kelurahan

Air Terjun Lubuk Mantuk menawarkan pemandangan yang memukau dengan air jernih yang mengalir dari ketinggian.

Dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat, suara gemericik air dan kicauan burung menambah suasana alami yang menenangkan.

Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan yang masing-masing menawarkan keindahan tersendiri.

Bagi para pecinta fotografi, setiap sudut Air Terjun Lubuk Mantuk memberikan kesempatan untuk menangkap gambar yang menakjubkan.

Untuk mencapai Air Terjun Lubuk Mantuk, perjalanan dimulai dari ibu kota Pontianak. Jarak tempuh yang diperlukan cukup lama, sehingga persiapan matang sangat diperlukan.

Pengunjung harus menempuh perjalanan darat menuju Kabupaten Kapuas Hulu, yang bisa memakan waktu beberapa jam tergantung kondisi jalan dan cuaca.

Sesampainya di Kecamatan Kalis, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Tekudak. Dari sini, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalur hutan yang cukup menantang.

Baca Juga :  Apresiasi Pemerintah Larang Aktivitas FPI, PDIP: Mereka Dukung ISIS!

Meskipun melelahkan, keindahan alam sepanjang perjalanan akan membuat lelah terbayar. Meskipun terletak di daerah yang cukup terpencil, fasilitas dasar seperti area parkir dan tempat istirahat tersedia di sekitar lokasi air terjun.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Lubuk Mantuk sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Ini merupakan harga yang sebanding dengan pengalaman yang akan didapatkan.

Kehadiran Air Terjun Lubuk Mantuk sebagai destinasi wisata berpotensi besar meningkatkan perekonomian lokal. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, penduduk setempat dapat mengembangkan usaha kecil seperti warung makan, penyewaan alat trekking, dan jasa pemandu wisata.

Pemerintah daerah juga dapat berperan aktif dalam mempromosikan destinasi ini dan meningkatkan infrastruktur untuk mendukung kenyamanan pengunjung. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment