Hutan Wisata Baning: Permata Alam di Tengah Kota Sintang Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sintang – Hutan Wisata Baning yang terletak di tengah Kota Sintang Provinsi Kalimantan Barat merupakan destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi. Terletak di wilayah Kelurahan Baning dan Kelurahan Tanjung Puri, hutan ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari hutan wisata lainnya.

Hutan ini merupakan hutan rawa gambut yang tergenang sepanjang tahun, menjadikannya rumah bagi berbagai jenis tumbuhan endemik dan fauna langka.

Sebagai satu-satunya hutan tropis alami di Indonesia yang berada di tengah kota, Hutan Wisata Baning memiliki daya tarik tersendiri. Hutan ini dikenal dengan rawa gambutnya yang khas, yang selalu tergenang air sepanjang tahun.

Kondisi ini menciptakan ekosistem unik yang mendukung keberadaan berbagai flora dan fauna langka. Beberapa tumbuhan langka yang dapat ditemukan di sini antara lain jelutung, ramin, rengas, dan resam. Keragaman flora ini memberikan nuansa hutan tropis yang asri dan menenangkan.

Baca Juga :  Gua Romo: Petualangan Mendebarkan di Jantung Kalimantan Barat

Tidak hanya flora, Hutan Wisata Baning juga menjadi habitat bagi sejumlah fauna langka. Di antaranya adalah musang air, biawak, dan burung beo.

Keberadaan hewan-hewan ini menambah nilai ekowisata hutan ini, menawarkan pengalaman alam yang autentik dan mendidik bagi para pengunjung. Observasi satwa di habitat aslinya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam dan fotografer.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana hutan lebih lama, tersedia beberapa losmen dan wisma kecil yang dapat disewa. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk merasakan kesejukan dan keindahan Hutan Wisata Baning dengan lebih nyaman.

Baca Juga :  Hadiri Konsultasi Publik RPJP TNBBBR, Ini Harapan Bupati Jarot

Menginap di tengah hutan memberikan kesempatan untuk lebih mendalami keanekaragaman hayati yang ada di sana, serta menikmati suara-suara alam yang menenangkan.

Untuk masuk ke Hutan Wisata Baning, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 10.000.

Mengunjungi Hutan Wisata Baning tidak hanya memberikan kesegaran dari hiruk-pikuk kota, tetapi juga kesempatan untuk belajar dan menghargai kekayaan alam Indonesia.

Jadi, jika Anda berada di Sintang atau merencanakan perjalanan ke Kalimantan Barat, jangan lewatkan untuk singgah di permata alam yang menakjubkan ini. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment