Bamsoet Center Diharapkan Bisa jadi Lembaga Kajian Kebangsaan

KalbarOnline.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meluncurkan Bamsoet Center sebagai lembaga think tank yang bergerak di bidang kajian dan penelitian terhadap isu ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, demokrasi dan konstitusi. Diharapkan, hasilnya bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang menyelimuti bangsa Indonesia.

“Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat Bamsoet Center akan mengadakan diskusi berkala hingga penerbitan jurnal ilmiah setiap bulan, menghadirkan berbagai narasumber berkompeten terhadap suatu isu tertentu,” ujar Bamsoet dalam peluncuran Bamsoet Center, di Jakarta, Kamis (10/9) kemarin.

“Melalui Bamsoet Center, kita akan tampung anak-anak muda yang memiliki gagasan brilian terhadap berbagai persoalan kebangsaan. Kita ingin melahirkan ide-ide cemerlang untuk membawa Indonesia terbang tinggi. Sehingga Indonesia Emas 2045 bukan sebatas gagasan manis di atas kertas. Melainkan bisa diimplementasikan secara nyata dengan tahapan yang dimulai dari sekarang,” ungkap Bamsoet.

Baca Juga :  Luhut: Tragedi Sriwijaya Air Harus Jadi Evaluasi

Bamsoet memaparkan, di usianya yang ke-100 tahun pada tahun 2045, Indonesia sudah harus menduduki peringkat 5 pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar dunia, dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,7 persen, PDB per kapita mencapai USD 23.199, pertumbuhan peranan investasi 6,4 persen, pertumbuhan peranan industri 6,3 persen, dan pertumbuhan peranan pertanian 3,2 persen.

Baca Juga :  Politikus PKB Sebut Ekonomi Bisa Berantakan jika PSBB Serampangan

Untuk mencapai hal tersebut, persiapannya harus dimulai sejak sekarang. Bamsoet Center, disebutnya, akan ikut andil dalam merealisasikan hal tersebut, termasuk dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

“Sebelum menuju kesana, ada persoalan mendasar di depan mata yang terlebih dahulu harus diselesaikan, yakni pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Bamsoet Center akan mempersiapkan roadmap agar Indonesia bisa segera keluar dari masalah tersebut. Bamsoet Center juga akan membuat roadmap agar di masa mendatang Indonesia bisa siap menghadapi pandemi penyakit lain, yang kemungkinan besar bisa saja kembali menyerang dunia,” pungkas Bamsoet.

Comment