Dukung Penyediaan Darah Masyarakat, CMI bersama Himpunan Alumni IPB Gelar Kegiatan Bakti Sosial

KalbarOnline, Pontianak – PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) berkolaborasi dengan Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan reuni HA-IPB Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Kalimantan Barat.

General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) & External Relation CMI, Agus Rusli mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan pada Sabtu (18/05/2024) pukul 08.00 WIB pagi, di halaman gedung PMI Kota Pontianak.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Acara donor darah ini sudah rutin dilaksanakan oleh CMI, sebagai wujud kepedulian terhadap masalah kemanusiaan khususnya dalam penyediaan darah bagi masyarakat,” ungkap Agus Rusli.

Rini Puji Astuti selaku Kepala Seksi Rekrutmen Donor Darah Sukarela (P2D2S) UDD PMI Kota Pontianak menjelaskan, bahwa syarat menjadi pendonor adalah kondisi fisik yang sehat dan tidak sedang terpengaruh obat-obatan tertentu.

Baca Juga :  Wako Usulkan Festival Kue Bulan Diperlombakan, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Sebelum proses donor darah dimulai, tim medis melakukan skrining berupa rangkaian tes guna menentukan kelayakan untuk melakukan donor darah.

“Hasil donor darah nantinya akan disalurkan kepada oleh PMI Kota Pontianak untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat dan pasien yang membutuhkan transfusi darah,” jelasnya.

Rini menyampaikan, bahwa kebutuhan darah di Kota Pontianak dan sekitarnya dalam sehari bisa mencapai sekitar 200 kantong darah. Adapun target pendonor untuk kegiatan ini adalah 100 orang.

“Hasil rekapitulasi donor darah menunjukkan bahwa terkumpul 87 kantong darah dengan rincian golongan A 22 kantong, golongan B 31 kantong, golongan AB 5 kantong dan golongan O 29 kantong,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV IPB, Iskandar Zulkarnain memuji langkah CMI yang telah membantu kegiatan ini. Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan CMI dalam menyokong PMI Kota Pontianak untuk penyediaan darah bagi masyarakat.

Baca Juga :  Kepala BP2MI Pontianak Akui Sudah Maksimal Tangani PMI

“Ini adalah kegiatan yang sangat baik dan layak dilanjutkan di masa depan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada CMI yang telah membantu dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Senada dengan itu, Mewakili HA-IPB, Sukma Kamajaya turut menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi yang telah terlaksana dengan baik.

“Semoga acara ini bisa terus-menerus berjalan dan membantu mendukung ketersediaan darah di PMI Kota Pontianak,” ungkapnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment