Mengungkap Keindahan Danau Sentarum: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kalimantan Barat, tanah yang kaya akan keindahan alam, menyimpan sebuah permata tersembunyi yang patut untuk dijelajahi: Danau Sentarum.

Dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang megah, danau ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang autentik.

Danau Sentarum yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat adalah salah satu dari sedikit ekosistem rawa gambut yang tersisa di Asia Tenggara.

Memiliki luas sekitar 132.000 hektare, danau ini tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna langka, tetapi juga menjadi salah satu tempat penting bagi masyarakat Dayak yang tinggal di sekitarnya.

Danau Sentarum dikenal karena keanekaragaman hayati yang luar biasa. Hutan-hutan yang mengelilingi danau ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk burung langka seperti bangau, rajawali, dan berbagai spesies burung air lainnya.

Selain itu, danau ini juga menjadi habitat bagi satwa liar seperti orangutan, buaya, dan ikan air tawar yang beragam.

Baca Juga :  Milenial Harus Optimalkan Potensi Diri Hadapi Pandemi dan Infodemi

Salah satu hal yang membuat Danau Sentarum begitu istimewa adalah ekosistem rawa gambutnya yang unik. Rawa gambut adalah jenis hutan basah tropis yang terbentuk dari lapisan tumbuhan mati yang terakumulasi selama ribuan tahun.

Ekosistem ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan, menyimpan karbon, dan menyediakan sumber daya alam bagi masyarakat sekitar.

Seperti banyak destinasi alam lainnya, waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Sentarum adalah saat musim hujan. Selama musim hujan, danau ini mencapai puncaknya dengan air yang melimpah, menciptakan pemandangan yang menakjubkan bagi para pengunjung.

Sementara itu, saat musim kemarau, air danau mulai surut, mengungkapkan lanskap yang berbeda dan menarik.

Bagi para petualang yang tertarik untuk menjelajahi keindahan Danau Sentarum, informasi praktis ini akan membantu Anda merencanakan perjalanan Anda:

Untuk menikmati keindahan Danau Sentarum, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 7.500. Harga yang terjangkau ini memungkinkan siapa pun untuk menikmati pesona alam yang luar biasa tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca Juga :  Tinjau UNBK Tingkat SMP, Wabup Askiman Harap 2019 Semua SMP di Sintang Gelar UNBK

Danau Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Untuk mencapai danau ini, pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi, mulai dari mobil pribadi hingga transportasi umum. Alamat tepatnya adalah Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Untuk memudahkan akses, pengunjung dapat memeriksa lokasi Danau Sentarum menggunakan peta. Lokasi yang mudah dijangkau memastikan bahwa pengunjung tidak akan kesulitan menemukan tempat ini.

Danau Sentarum adalah destinasi yang sempurna bagi para pecinta alam yang ingin menyaksikan keajaiban alam yang masih alami. Dengan keindahan alam yang menakjubkan, keanekaragaman hayati yang melimpah, dan aksesibilitas yang baik, tidak ada alasan untuk tidak menjadikan Danau Sentarum sebagai salah satu tujuan wisata utama Anda di Kalimantan Barat.

Segera rencanakan perjalanan Anda dan nikmati petualangan yang tak terlupakan di Danau Sentarum! (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment