Hadiri Pembukaan PD-PKPNU, Wabup Ketapang Harap Kader NU Tak Mudah Dipecah Belah

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Pembukaan Kegiatan Pendidikan Dasar Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang Angkatan II, pada Kamis (09/05/2024), di Gedung Bintang 9 NU Ketapang.

Wabup dalam sambutannya berharap kader-kader NU harus kompak dan jangan sampai terpecah belah.

“Organisasi dibentuk itu pasti ada sasaran akhir, ada filosofinya sehingga kekompakkan itu diperlukan dalam sebuah organisasi. Jangan kita mudah dipecah belah,” ujarnya.

Ke depan, Farhan juga berharap kader-kader ini menjadi orang-orang yang terpilih yang dapat mewakili NU ketika ada di pemerintahan, dunia politik, pendidikan dan sebagainya.

“Oleh karena itu, ketika kita sudah kompak, mudah-mudahan ini betul-betul dapat kita bawa dalam kehidupan bermasyarakat. Sangat penting adalah amaliah NU harus tetap dijalankan tegak lurus dan tinggal disampaikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  Gandeng Puskesmas Marau, Cita Mineral Investindo Gelar Pengobatan Gratis

Wabup juga berharap, selama dalam mengikuti kegiatan ini, para kader NU dari berbagai kecamatan dapat menjaga kesehatan dan kekompakan.

“Saya berharap kegiatan ini betul-betul bermanfaat bagi peserta, PCNU Ketapang dan masyarakat Ketapang yang kita cintai ini,” harapnya.

Sementara itu Ketua PCNU Ketapang, Satuki Huddin menjelaskan, bahwa dasar kegiatan ini yaitu amanah peraturan perkumpulan Nahdlatul Ulama Nomor I Tahun 2023 tentang Sistem Kaderisasi yang mengatur bagi pengurus NU dan pengurus Cabang NU untuk menyelenggarakan kaderisasi sesuai klasifikasi kelompoknya masing-masing.

“Kedua surat edaran PBNU nomor 1009/PB.0 3/A.I.03.47/99/08/2023 tanggal 10 Rabiul Akhir 1445 H/25 Oktober 2023 yang menegaskan agar pengurus wilayah NU dan pengurus cabang NU dapat segera mempersiapkan perencanaan waktu dan lokasi perencanaannya dan menyampaikan permohonan penyelenggaraan kaderisasi kepada PBNU,” ujarnya.

Baca Juga :  Buka Musrenbang RKPD 2024, Wabup Ketapang: Pilih Program Prioritas yang Punya Daya Ungkit

Satuki Huddin juga menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, yaitu membentuk militansi kader, membangun solidaritas dan soliditas pengurus dan kader dalam menjalankan visi dan misi NU dan ajang forum silaturahmi serta saling tukar menukar informasi.

“Untuk angkatan I kaderisasi ini dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 10 Desember 2023 sedangkan angkatan ke-II yang kita laksanakan pada hari ini tanggal 9 sampai 11 Mei 2024 Masehi, dengan tim instruktur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment