FEB Untan Gelar Coaching Clinik dan Workshop Statistik Penelitian Disertasi

KalbarOnline, Pontianak– Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura menggelar kegiatan Coaching Clinik dan Workshop Statistik Dalam Penelitian Disertasi, di Lantai 2 Gedung Pascasarjana FEB Untan, Jumat (08/03/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Statistical Analysis Workshop for Dissertation Scholars: from Data to Insight” tersebut diikuti oleh sebanyak 70 mahasiswa dari Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB Untan, dengan menghadirkan narasumber ahli bidang statistik, Solimun.

Ketua Jurusan Manajemen FEB Untan, Heriyadi mengatakan, coaching clinik dan workshop itu sendiri merupakan agenda rutin dalam rangka melakukan pengembangan kapasitas mahasiswa.

“Banyak pilihan alat analisis, salah satunya ini yang paling banyak dipakai untuk disertasi,” ujarnya.

Menurutnya, Solimun merupakan ahlinya yang juga biasa membimbing mahasiswa S3, terutama dalam ranah statistik. “Harapannya kegiatan mahasiswa kami bisa melakukan analisis statistik dengan benar, prosesnya benar, fundamentalnya juga benar,” sampainya.

Baca Juga :  Sutarmidji Kesalkan Masih Banyak Yang Tak Pasang Bendera

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Maria Christiana mengatakan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa aktif tahun 2024 dari angkatan 5 sampai dengan 10 dengan total lebih kurang 78 orang.

“Dari 5 angkatan ini, ada 1 angkatan paling bungsu yaitu angkatan 10, dan mereka masih di kelas dimana ada mata kuliah yang berkenaan dengan workshop ini,” jelasnya.

Workshop ini, lanjut Maria, digelar dua kali setahun untuk menjawab kebutuhan mahasiswa. Sebelum digelar, Prodi akan menanyakan tema apa yang dibutuhkan mahasiswa.

Baca Juga :  Mahasiswa MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN Siap Standarisasi Produk UMKM Kubu Raya

“Mendekati mereka akan menulis disertasi, tentu statistik menjadi suatu teknik yang dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Himadim, Amirullah menilai, kalau kegiatan ini sangat penting, sebab penguasaan metode statistik analisis data kuantitatif adalah salah satu kunci keberhasilan penelitian disertasi.

“Pada kenyataannya, masih terdapat mahasiswa yang kesulitan dalam hal ini, yang dipengaruhi keterbatasan pemahaman, minimnya pendampingan serta kurangnya praktik aplikatif yang menjadi kendala kami,” kata dia.

Kegiatan ini, lanjut Amirullah menjadi solusi berharga dan menjawab kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan disertasi.

“Kami berharap dapat memperdalam khususnya pengetahuan tentang statistik yang relevan dalam menyelesaikan disertasi,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment