Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, HIMADIM FEB Untan Santuni 100 Anak Yatim Piatu

KalbarOnline, Pontianak – Himpunan Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen (HIMADIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menyantuni 100 anak yatim piatu yang dirangkai dengan buka puasa bersama di halaman FEB Untan, Minggu (02/04/2023).

Para anak yatim ini berasal dari Panti Asuhan Aisiyah Nur Fauzi Pontianak dan dua pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Al Jihad Pontianak dan Pondok Pesantren Tahfidz Millenial Ashqof & Maryam Collage Pontianak.

Apa yang HIMADIM FEB Untan laksanakan ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk mengisi buka puasa bersama dengan kegiatan bermanfaat. Salah satunya menyantuni fakir miskin, yatim piatu dan masyarakat yang membutuhkan.

“Ini bentuk pengabdian pada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi ketiga). Selain kita peduli kepada lingkungan masyarakat sekitar, juga mendukung akreditasi program studi doktoral Ilmu Manajemen berupa kegiatan kemahasiswaan khususnya dalam bidang kerohanian,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Amirullah.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar: KKN Kebangsaan Bantu Selesaikan Masalah Bangsa

HIMADIM FEB Untan dikenal aktif dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebelumnya, mereka memberikan sumbangsih pemikiran pengembangan perbatasan lewat penelitian di Jagoi Babang, Bengkayang dan seminar ‘Manajemen Energi Kalbar Dukung Ketahanan Ibu Kota Negara Baru’.

Amirullah menjelaskan, kegiatan HIMADIM FEB Untan kali ini turut bekerja sama dengan sejawat dari tujuh perguruan tinggi dan bersifat umum. Mereka mengedepankan kolaborasi dalam membangun kepedulian terhadap masyarakat.

“Acara ini dihadiri sekitar 250 orang, anak yatim-piatu ini kita jemput langsung dan setelah acara akan kita antar kembali,” jelasnya.

Ketua Program Studi Doktoral Ilmu Manajemen FEB Untan, Maria Imam Kalis menyampaikan terima kasih kepada semua yang berpartisipasi. Terlebih kepada panitia dan para mahasiswa tujuh universitas yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini sebaik-baiknya dan buka puasa bersama ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempererat silaturahmi,” katanya.

Baca Juga :  Polda Kalbar Musnahkan 7,6 kilogram Sabu dan Tangkap Dua Tersangka

Sementara itu, Dekan FEB Untan, Barkah berharap anak-anak yatim piatu yang diundang, termotivasi untuk menuntut ilmu.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi semangat dan motivasi mereka  menuntut ilmu sampai ke tingkat perguruan tinggi dan semoga dimudahkan untuk itu,” katanya.

Barkah juga berharap, pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan HIMADIM FEB, dapat mengasah kepekaan sosial sebagai insan perguruan tinggi. Bagaimana memberikan manfaat seluasnya kepada yang membutuhkan. Apalagi penerapan Tri Dharma Perguruan tinggi, bukan sekadar tuntutan. Namun menjadi kewajiban.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mendorong percepatan akreditasi. Sebab kampus tidak hanya dituntut dalam bidang akademik, tapi juga peduli dan peka kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dalam rangka akreditasi ini, kita bisa mendapatkan nilai akreditasi yang maksimal,” tutupnya. (Jau)

Comment