Pemkab Ketapang Mulai Persiapkan Event Napak Tilas dan Ketapang Expo 2024

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan kembali melaksanakan kegiatan napak tilas di tahun 2024. Kegiatan itu rencananya akan berbeda pada pelaksanaan sebelumnya di tahun 2023.

Pada event akbar Pemkab Ketapang ini, nantinya juga akan dirangkai dengan pelaksanaan Ketapang Expo 2024.

Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan, kegiatan Napak Tilas dan Ketapang Expo Tahun 2024 direncanakan akan berlangsung pada bulan Agustus atau September 2024.

“Dalam Napak tilas kali ini akan diadakan Ketapang Expo,” kata Martin saat memimpin Rapat Pra Ekspose Persiapan Kegiatan Napak Tilas dan Ketapang Expo Tahun 2024 di Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang, Kamis (29/02/2024).

Baca Juga :  Syair Gulung dan Kanjan Serayong Kabupaten Ketapang Lolos Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 
Pemkab Ketapang Mulai Persiapkan Event Napak Tilas dan Ketapang Expo 2024 2
Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin Rapat Pra Ekspose Persiapan Kegiatan Napak Tilas dan Ketapang Expo Tahun 2024 di Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang, Kamis (29/02/2024). (Foto: Adi LC)

Dalam rapat tersebut, Bupati Martin juga menyampaikan, terdapat beberapa perubahan pada pelaksanaan napak tilas tahun 2024. Terutama pada alur yang nanti akan dimulai dari Makam Kerajaan Tanjungpura.

“Diisi juga dengan kegiatan lain seperti menyumpit dan syair gulung, di mana kedua tradisi budaya tersebut sudah tercatat sebagai tradisi budaya nasional dan kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan kegiatan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Martin juga menginginkan agar penyusunan tempat-tempat pada kegiatan Ketapang Expo di area Balai Sungai Kedang dapat dilakukan dengan baik agar tampak tidak kumuh.

Baca Juga :  Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid At-Taqwa Ketapang, Ini Pesan Bupati
Pemkab Ketapang Mulai Persiapkan Event Napak Tilas dan Ketapang Expo 2024 3
Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin Rapat Pra Ekspose Persiapan Kegiatan Napak Tilas dan Ketapang Expo Tahun 2024 di Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang, Kamis (29/02/2024). (Foto: Adi LC)

Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 kali ini merupakan pemusatan dari semua kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh OPD masing-masing, yang tujuannya untuk percepatan pembangunan, sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Adapun tujuan kegiatan napak tilas, selain mengenang perjuangan para pendahulu kita, juga melakukan percepatan pembangunan dan memperkenalkan adat dan  budaya Ketapang ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan napak tilas tahun 2024 mendatang, juga akan digelar Festival Olahraga Tradisional serta kegiatan-kegiatan pendukung lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment