Sekda Ketapang Resmikan Gedung Puskesmas Balai Berkuak Pinang Hulu

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan gedung Puskesmas Balai Berkuak di Dusun Belonseh, Desa Balai Pinang Hulu, Kecamatan Simpang Hulu, pada Senin (19/02/2024).

Peresmian tersebut diawali dengan acara ngalu (penyambutan Sekda Ketapang beserta rombongan secara adat) dan penanaman pohon serta pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan penandatanganan penggalangan komitmen reakreditasi.

Sekda serta sejumlah pejabat yang hadir juga meninjau sejumlah ruangan Puskesmas Balai Berkuak yang baru tersebut.

Sekda dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini merupakan puskesmas rawat inap, yang dibangun melalui APBD Kabupaten Ketapang tahun 2023.

Sekda juga menjelaskan, bahwa pembangunan puskesmas tersebut berawal dari permintaannya kepada Camat Simpang Hulu, Kades Balai Pinang Hulu dan beberapa tokoh masyarakat setempat untuk mencari tanah minimal 2 hektar.

“Saya berharap ke depan, puskesmas ini bisa menjadi rumah sakit. Makanya, pilihlah lokasinya di Belonseh dan tanahnya adalah tanah warga Belonseh,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Farhan Harap NU Ketapang Tetap Konsisten

Sekda juga mengatakan, ke depan pembangunan puskesmas ini akan terus berlanjut, karena yang sudah jadi dan diresmikan itu baru bangunannya saja, dan itu belum selesai.

“Karena itu pada tahun 2025 nanti akan dilanjutkan dengan penataan halaman, pembangunan pagar, gerbang, IPAL, lab, pengadaan ambulance dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk juga untuk rumah dinas dokter dan nakesnya,” ucapnya.

Dengan begitu, Sekda Alexander berharap, Puskesmas Balai Berkuak yang baru tersebut bisa menjadi puskesmas percontohan, puskesmas yang berkembang, dan puskesmas yang ideal.

“Karena, Simpang Hulu ini kan pintu masuk Kabupaten Ketapang. Jadi kita harus membangunnya dengan baik,” kata dia.

Menurutnya, lokasi Puskesmas Balai Berkuak yang baru itu pun sangat strategis, tidak jauh dari ibu kota kecamatan serta ditambah pemandangannya sangat indah.

Oleh karena itu Alexander meminta kepala puskesmas dan jajarannya supaya menjaga dan merawat Puskesmas Balai Berkuak dengan baik.

“Ini penting agar pasien yang datang ke Puskesmas ini tidak malah tambah sakit, tapi menjadi sehat,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Farhan: Untuk Pemerataan Pembangunan, Ketapang Akan Bentuk Tiga Daerah Otonom

Alexander menjelaskan, pembangunan Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini, merupakan wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Ketapang kepada masyarakat Simpang Hulu.

“Saya berharap supaya gedung Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Simpang Hulu dan puskesmas ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dalam upaya mencapai misi Ketapang sehat untuk mewujudkan cita-cita besar Ketapang maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri juga Asisten Sekda Ketapang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Inspektur, Kadiskes, Kasat Pol PP, Kadis PMD, Kaban Litbang, Kabid Budaya, Anggota DPRD dapil 2, Camat Simpang Hulu, Forkopimcam Simpang Hulu, Kapus Balai Berkuak, Ketua DAD Simpang Hulu, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Ketapang, para Kades, tomas, toga, dan tokoh pemuda. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment