by

Apel Akbar 1000 Pendekar Semarakkan Turnamen Pencak Silat Sekda Cup 2022

KalbarOnline, Ketapang – Ribuan pendekar dari 20 kecamatan di Kabupaten Ketapang menghadiri apel akbar Jambore 1000 Pendekar dalam rangka mengikuti Pencak Silat Sekda Cup Tahun 2022, di halaman Kantor Bupati Ketapang, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan jambore pencak silat ini sekaligus untuk menyemarakkan HUT TNI yang ke-77 tahun 2022, dengan rangkaian acara yakni pelantikan pengurus IPSI kecamatan se-Kabupaten Ketapang, Apel Akbar 1000 Pendekar, perebutan trophy Pendekar Wira Utama, Festival Pencak Silat Tradisional dan Kejuaraan Pencak Silat Prestasi.

Adapun jumlah peserta jambore yang hadir totalnya 1300 pendekar, yang terdiri dari 27 kontingen perguruan silat dan kontingen kecamatan. Sedangkan untuk kejuaraan, berjumlah 187 pendekar. Jambore ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai tanggal 22 sampai 25 September 2022.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo yang juga Dewan Pembina IPSI Ketapang bergelar Pendekar Wira Utama dalam kesempatan tersebut mengapresiasi atas kehadiran para pendekar dalam kegiatan apel akbar tersebut.

“Ini akan menjadi potensi sumber daya manusia Kabupaten Ketapang yang harus kita bina dan perhatikan, supaya menjadi penyongkong, pendukung, serta modal kita untuk membangun Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut Alexander mengatakan, bahwa pencak silat adalah olahraga atau beladiri tradisional asli milik bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu Pencak Silat harus kita rawat, kita jaga serta harus kita lestarikan dan kembangkan, sehingga pencak silat bisa maju semakin jaya di Kabupaten Ketapang, Kalbar dan Indonesia pada umumnya” imbaunya.

Selain itu, Alexander mengatakan, bahwa event Pencak Silat Sekda Cup bermula dari ide sederhana, namun tidak disangka, respon masyarakat khususnya para pendekar pengurus IPSI sangat luar biasa.

“Kalau setuju, untuk tahun depan jambore pencak silat ini akan terus kita adakan, tolong dispora anggarkan dan kita akan buat lebih meriah, kita undang tidak hanya pendekar Ketapang tapi kita undang seluruh pendekar se-Kalbar,” seru Alexander.

BACA JUGA:  Tata Ruang Wilayah Ketapang Jadi Nyaman dan Bisa Sejahterakan Masyarakat

Lebih lanjut, sekda juga menyinggung soal penyelenggaraan MTQ ke-30 tahun 2022 tingkat Provinsi Kalbar yang dilaksanakan di Kabupaten Ketapang. Dimana ia meminta kepada seluruh pengurus IPSI untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Saya minta seluruh jajaran IPSI Ketapang juga seluruh perguruan silat yang ada di Kabupaten Ketapang di 20 Kecamatan untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MTQ pada tanggal 5 sampai 1 November tahun 2022,” harapnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kabupaten Ketapang, Uti Iskandar menyampaikan, bahwa Pengkab IPSI sudah mempunyai pengurus kecamatan yang tersebar hampir diseluruh Wilayah di Kabupaten Ketapang.

“Ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi kami untuk memberikan prestasi terbaik bagi daerah ini, terutama dalam kegiatan besar ini,” ujarnya.

“Semoga kegiatan ini berdampak besar bagi peningkatan kualitas atlet pada tiap perguruan serta menimbulkan motivasi dan daya saing lebih, menciptakan kompetisi yang sehat demi mengangkat marwah Pencak Silat di Kabupaten Ketapang,” tutup Uti Iskandar. (Adi LC)

Comment