Pemprov Kalbar Dorong Pelaku Industri Pariwisata dan Ekraf Tangkap Peluang Promosi Lewat Event

KalbarOnline, Pontianak – Dua event besar Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah dibuka, yakni Event Saprahan Khatulistiwa dan Kalimantan Barat (Kalbar) Food Festival Tahun 2024, pada Sabtu 17 Februari 2024.

Adapun untuk event Saprahan Khatulistiwa dipusatkan di Pontianak Convention Center (PCC) Pontianak yang akan berlangsung dari 17 – 23 Februari 2024. Sedangkan untuk event Kalbar Food Festival Tahun 2024, dipusatkan di parkiran Ayani Mega Mall yang akan berlangsung sampai 25 Februari 2024.

Seperti diketahui, dua event ini merupakan kolaborasi bersama antara Pemprov Kalbar, Bank Indonesia dan Pondok Ale-Ale. Kedua event ini akan masuk dalam Kalender Event Kalbar tahun 2024,  yang rencananya akan di-launching oleh Menparekraf RI, Sandiaga Uno pada 23 Februari di PCC Pontianak.

Di event Saprahan Khatulistiwa, berbagai stand mulai dari Dekranasda, para pelaku UMKM, pariwisata hingga perbankan, menampilkan produk-produk unggulannya, antara lain kerajinan tangan, souvenir, makanan ringan, paket destinasi wisata dan perbankan. Lalu di Food Festival, menampilkan beragam kuliner khas Provinsi Kalbar.

Atas gelaran dua event pemprov yang telah dibuka, Penjabat (Pj) Gubernur Harisson mendorong agar ke depan beragam produk unggulan Kalbar ini mampu merambah pasar-pasar nasional hingga internasional.

Dirinya meyakini, dari sisi potensi produk Kalbar tidak kalah dengan daerah lain. Sehingga berbagai upaya menurutnya harus terus dimaksimalkan.

“Saya ingin produk-produk unggulan Kalbar masuk ke pasar-pasar di luar Provinsi Kalbar, dan kita dekat dengan perbatasan, bila perlu di ekspor ke Sarawak atau Malaysia,” ujarnya.

Baca Juga :  Harisson dan Windy Sebar Ratusan Paket Pangan ke Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di Pontianak

Dari sisi kuliner, Harisson mendorong sektor kuliner untuk terus dikembangkan dan dipromosikan agar menarik minat wisatawan. Apalagi menurutnya, Provinsi Kalbar selain kaya akan keindahan alam dan budaya, juga memiliki banyak kuliner yang khas beragam dan memiliki cita rasa tinggi.

“Kekayaan kuliner Kalbar patut terus dipelihara, dilestarikan serta dipromosikan ke tingkat nasional bahkan internasional, salah satunya melalui Kalbar Food Festival ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, lewat berbagai event ini, Pemprov Kalbar sangat membuka peluang, agar wisatawan yang datang ke Kalbar bisa lebih lama tinggal, dan mendapatkan banyak pilihan acara yang dikunjungi, selain mengunjungi destinasi wisata di Kalbar.

“Jadi rangkaian dari seluruh event di Februari ini sangat banyak sekali dan telah dibuka hari ini (17/02/2024), yakni Event Saprahan Khatulistiwa dan Kalbar Food Festival,” ucapnya.

Selain itu, akan ada event Launching Kalender Event Kalbar 2023, pada 23 Februari, bertempat di PCC Pontianak.

Lalu, Kalbar juga menjadi tuan rumah pada event tingkat nasional, yakni Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata se-Indonesia yang digelar 22 – 24 Februari 2024, di dua lokasi yakni di Pendopo Gubernur Kalbar, dan PCC Pontianak. Serta, event Mini Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang.

Pada puncak Kalbar Food Festival nantinya, akan ada Rekor Muri “Memangkong Sotong Pangkong” yang akan diikuti Menparekraf RI hingga ratusan peserta yang hadir.

Baca Juga :  Kapolda Kalbar Minta Maaf Atas Insiden Tembakan Peluru di Perempatan Hotel Garuda 

Maka dari itu, Windy juga berharap dan mendorong kabupaten kota menangkap berbagai peluang lewat berbagai event ini, sebagai ajang promosi bagi seluruh pelaku industri pariwisata dan ekraf di Kalbar. Selain itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di Kalbar.

Sebab dikatakannya, dengan melaksanakan banyak event, maka akan banyak sektor yang bergerak. Baik itu UMKM, industri pariwisata dan ekraf serta lainnya.

Windy juga mengajak masyarakat luas agar datang dan meramaikan berbagai event Kalbar. “Silahkan masyarakat Kalbar untuk datang ke berbagai gelaran event Pemprov Kalbar, yang akan menyajikan dari sisi pariwisata dan 17 subsektor ekraf,” katanya.

Adapun untuk Event Saprahan Khatulistiwa, secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Anggini Sari, Penjabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson dan Dekranasda Kota Pontianak, Anita Ani Sofian, serta dihadiri OPD Provinsi Kalbar, perbankan dan instansi vertikal.

Sedangkan, di sore harinya (17/02/2024), Event Kalbar Food Festival dibuka secara simbolis oleh Pj Gubernur Kalbar, Harisson, didampingi Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari dan Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari yang juga sebagai Kadisporapar Kalbar, dengan memangkong sotong bersama, di halaman Parkir Ayani Mall Pontianak. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment