Dinyatakan Hilang, AS Warga Binaan Lapas Pontianak Sembunyi di Atas Plafon

KalbarOnline, Kubu Raya – AS, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pontianak yang semula dinyatakan hilang karena melarikan diri, berhasil ditemukan oleh petugas pada Jumat (09/02/2024).

Penemuan itu bermula saat staf KPLP bersama petugas regu jaga pagi tengah melakukan kontrol serta memeriksa keadaan instalasi listrik di ruang genset. Di ruangan inilah petugas menemukan AS dalam keadaan lemah.

“Benar yang bersangkutan berada di atas plafon selama lebih dari 2 minggu dan hanya berbekal air minum. Hari ini tepat di waktu subuh, dirinya turun ke ruangan generator set (genset) karena sudah benar-benar tidak mampu berada di atas, apalagi mengingat akhir-akhir ini cuaca benar-benar ekstrem,” ucap Kalapas Pontianak, Julianto Budhi Prasetyono dalam keterangan persnya.

Baca Juga :  Berusaha Melarikan Diri, Pelaku Curat Dilumpuhkan Polisi Dengan Timah Panas

Saat ini, usai menjalani pemeriksaan mendalam dari petugas, pria berusia 50 tahun selanjutnya akan diamankan ke dalam strap sel tahanan untuk pengamanan dan sanksi atas pelanggarannya. Kendati demikian, AS kedepannya kata Julianto tetap menjalani masa pidananya tanpa ada penambahan hukuman akibat dari kejadian ini, meskipun segala hak integrasinya sudah dipastikan tidak akan diberikan.

Selanjutnya, atas kejadian ini, Julianto menegaskan kepada jajaran petugas agar lebih mengedepankan sikap profesional serta menerapkan integritas dalam melaksanakan tugas khususnya bagi anggota petugas jaga.

Baca Juga :  Sutarmidji Dorong PLN Lakukan Percepatan Sediakan Energi Murah: Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kalbar

“Jadikan ini sebagai sarana evaluasi, tingkatkan integritas dan selalu terapkan profesionalitas dalam menjalankan tugas,” tutup Julianto.

Sebelumnya, berdasarkan informasi awal  disebutkan, bahwa AS dinyatakan hilang atau melarikan diri pada 24 Januari 2024. Kalapas menjelaskan, selama ini pihaknya terus melakukan pencarian dengan melibatkan pihak kepolisian. Bahkan dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang tidak kenal lelah untuk terus melakukan upaya pencarian. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment