AMSI Kalbar Soroti Etika Penggunaan Media Sosial: Beda Produk Pers dan Informasi di Sosmed

KalbarOnline, Pontianak – Jagat media sosial Pontianak belakangan ini menjadi perbincangan hangat menyusul viralnya unggahan dari salah satu pemilik akun media sosial yang diduga melanggar etika dalam penggunaan platform tersebut.

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Barat, Kundori menekankan perlunya kebijaksanaan dalam menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi.

“Harusnya beretika,” tegas Kundori saat dimintai tanggapan awak media pada Minggu (11/02/2024).

Dia menegaskan adanya perbedaan mendasar antara produk pers dan media sosial.

“Apa yang dihasilkan oleh pers disebut berita, sementara apa yang dipublikasikan di media sosial adalah informasi,” terangnya.

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Kundori Sebagai Ketua PWI Kalbar, Pj Gubernur Harisson: Perkuat Kompetensi Wartawan

Kundori menjelaskan, bahwa produksi berita telah melalui proses pengolahan oleh wartawan yang memiliki kompetensi terukur. Di sisi lain, media sosial memungkinkan siapapun untuk menayangkan informasi tanpa memperhatikan latar belakang.

“Dalam dunia pers, terdapat tim redaksi dengan standar yang ketat. Namun, media sosial cenderung bersifat personal dan tidak terikat pada standar yang sama,” tambahnya.

Kundori juga menyoroti perbedaan dalam hal regulasi dan kode etik. Produk pers harus tunduk pada Kode Etik Jurnalistik dan memiliki badan hukum yang sesuai, sedangkan media sosial tidak memiliki batasan hukum yang jelas.

Baca Juga :  Menang Telak Atas Rolf Korah, Kundori Nahkodai PWI Kalbar

“Produk pers melalui proses verifikasi sebelum dipublikasikan. Bahkan, wartawan pun diwajibkan memiliki sertifikasi yang menunjukkan kompetensinya,” ungkap Kundori.

Kundori pun memberikan saran kepada pengelola akun media sosial untuk menghasilkan konten yang lebih bermanfaat dan berkualitas.

Dia menekankan pentingnya menjauhi konten-konten kontroversial dan lebih mengedepankan nilai-nilai etika dalam bermedia sosial.

“Dengan menghasilkan konten-konten yang bermanfaat, seperti promosi wisata, kuliner, atau jual-beli, kita dapat meningkatkan kualitas dan manfaat dari produk media sosial yang dihasilkan,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment