Sehari Setelah Mahfud Mundur, Jokowi Langsung Tunjuk Tito Jadi Plt Menko Polhukam

KalbarOnline, Nasional – Presiden Jokowi langsung menunjuk Tito Karnavian sebagai pengganti Mahfud MD yang mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), pada Jumat (02/02/2024).

Penunjukan Tito sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam itu dilakukan sehari setelah pertemuan antara Mahfud MD dengan Jokowi perihal pernyataan mundur Mahfud dari jabatan sebagai Menko Polhukam, di Istana Negara, Jakarta.

“Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga :  9 Jenderal TNI AD Naik Pangkat, Kepala RSPAD Resmi Lepas Jabatan

“Serta penunjukan Bp. Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024,” sambungnya.

Menurut Ari, berdasarkan Keppres yang sama, Tito Karnavian akan menjadi Plt Menko Polhukam hingga adanya penggantian secara definitif.

Baca Juga :  Mahfud MD: Nama Calon Kapolri yang Beredar di Media masih Spekulasi

“Sampai adanya Menkopolhukam definitif,” terang Ari.

Sebelumnya pada Kamis (01/02/2024) sore, Mahfud MD bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Pada pertemuan itu, Mahfud menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam.

Keputusan pengunduran diri Mahfud itu tak lain karena dirinya maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 mendampingi Ganjar Pranowo. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment