ASRI Peroleh Anugerah Konservasi Alam dari Menteri KLHK

KalbarOnline, Kayong Utara – Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) dianugerahi penghargaan konservasi alam oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya, pada puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023, di Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Tangkiling, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (08/11/2023).

Penghargaan kategori Mitra KSDAE dari Unsur LSM Pendukung Penguatan Fungsi Kawasan Konservasi itu diterima, karena ASRI dinilai mampu menyelaraskan kelestarian alam dan kesehatan masyarakat di sekitar hutan Kalimantan bersama para mitranya.

Direktur Mobilisasi Sumber Daya ASRI, Nur Febriani mengaku sangat bangga bisa mewakili ASRI menerima penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya. Ia mengatakan, penghargaan ini adalah bentuk apresiasi yang diberikan atas upaya-upaya yang ASRI lakukan dalam mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera, dan alam yang lestari di sekitar hutan Kalimantan.

“Ini adalah penghargaan atas kolaborasi yang baik antara masyarakat, LSM dan pemerintah untuk sama-sama menjaga hutan yang sangat penting bagi Indonesia dan dunia,” ujarnya.

Baca Juga :  BPOM Minta Lengkapi Data Uji Klinis Obat Covid-19

Ia juga mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi bersama dengan para mitra dari unsur pemerintah, serta masyarakat di sekitar hutan.

“Terima kasih banyak untuk mitra kerja kami, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan Balai Taman Nasional Gunung Palung, serta untuk masyarakat, Para Penjaga Hutan,” ucapnya.

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR), Andi Muhammad Kadhafi berharap, kerjasama ini dapat terus berjalan agar hutan dan masyarakat di sekitarnya bisa terus hidup selaras.

“Kami berharap kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya akan semakin terjaga, terlindungi dan masyarakatnya sejahtera karena sehat dengan kehadiran ASRI,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada ASRI yang telah memberi dukungan kepada Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Semoga ASRI makin jaya,” sambung Andi.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Pesankan CJH Kalbar Tak Bawa Bekal Berlebihan dan Ikuti Aturan

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP), Himawan Sasongko mengatakan, bahwa sejak 2009 hingga sekarang, kerja sama ASRI dan TNGP telah berjalan dengan sangat baik dan produktif.

Menurutnya, layanan kesehatan yang dipadukan dengan kegiatan pemulihan ekosistem, penyadartahuan dan pemberdayaan masyarakat yang dijalankan ASRI merupakan sebuah inovasi program yang sangat baik.

“Ini mendukung pengelolaan kawasan Taman Nasional Gunung Palung,” katanya.

Selain ASRI, Anugerah Konservasi Alam ini juga diberikan kepada 17 pihak lain dari unsur individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah, hingga badan usaha yang telah berkontribusi melakukan kegiatan yang menunjang kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya dalam bidang konservasi sumber daya alam dan ekosistem. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment