Wakili Bupati Ketapang, Sekda Alexander Letakkan Batu Pertama Pembangunan Asrama Bintang Kejora Baru

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa Bintang Kejora yang baru, pada Senin (09/10/2023) pagi.

Diketahui, Rusunawa Bintang Kejora ini untuk menggantikan bangunan asrama Bintang Kejora yang dulu dikenal sebagai Asrama Putri Bintang Kejora atau yang lebih dikenal dengan Asrama BK.

Pada tahun 2023 ini, asrama BK yang dulu dibangun oleh suster-suster Ordo Santo Agustinus (OSA) dari Belanda sudah berusia 60 tahun. Dengan usianya yang sudah uzur itu, maka sudah selayaknya lah untuk membangun asrama BK yang baru, yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Rusunawa Bintang Kejora ini merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencananya, Rusunawa Bintang Kejora ini akan dibangun 3 lantai dengan membentuk huruf “I”. Satu lantai akan dibangun 12 – 20 kamar. Tiap kamarnya akan dihuni oleh 4 orang, dan kapasitasnya untuk 166 orang.

Baca Juga :  Sekda dan Ketua DPRD Ketapang Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Babul Jannah Mulia Baru

Peletakan batu pertama Rusunawa Bintang Kejora tersebut diawali dengan upacara pemberkatan oleh RD. Laurensius Sutadi, Vikjend Keuskupan Ketapang.

Pemberkatan dan peletakan batu pertama Rusunawa Bintang Kejora tersebut berlangsung di kompleks Rusunawa Bintang Kejora, samping SMK St Petrus, Jalan Jenderal Sudirman, nomor 23 Ketapang.

Sekda Ketapang dalam kesempatan itu berharap, agar Rusunawa Bintang Kejora tersebut betul-betul menjadi tempat untuk membangun karakter siswa, seperti etika, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, komitmen, tangguh serta peduli terhadap orang lain.

“Semoga Rusunawa Bintang Kejora bisa juga menjadi tempat untuk berlatih menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan,” ucapnya.

Sekda pun berharap, dengan dibangunan asrama Bintang Kejora yang baru tersebut, betul-betul bisa menjadi tempat tinggal yang sehat dan layak bagi pelajar, khususnya putri. Pembangunan asrama BK yang baru ini pun diharapkan menjadi salah satu upaya penyediaan wahana belajar yang merupakan salah satu komponen dari kegiatan belajar.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Hadiri High Level Meeting Terkait Kemiskinan Ekstrem dan Stunting Provinsi Kalbar Tahun 2024

“Pembangunan asrama BK yang baru ini juga merupakan salah satu upaya untuk penyediaan wahana bagi pengembangan pribadi dalam pengembangan iman, kedisiplinan, rasa sosial, tanggung jawab, kemandirian dan kepemimpinan,” ujar Alexander.

Sr Felisitas OSA, pimpinan Yayasan Pelayanan Kasih Fatima mengatakan, salah satu tujuan pembangunan asrama BK yang baru ini adalah untuk menampung anak-anak dari luar Kota Ketapang, yang tidak ada tempat tinggal dan yang mau melanjutkan pendidikan ke SMP, SMA, SMK dan kuliah di Kota Ketapang.

Acara pemberkatan dan peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa Bintang Kejora ini diprakarsai oleh para suster Ordo Santo Agustinus (OSA), di bawah payung Yayasan Pelayanan Kasih Fatima. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment