Wako Edi: Kejuaraan Pencak Silat PSHT Ajang Tolok Ukur Prestasi Atlet

KalbarOnline, Pontianak – Kejuaraan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cup 2023 berlangsung sukses. Kejuaraan cabang olahraga tersebut digelar selama tiga hari di GOR A Rani IAIN Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, kompetisi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi sekaligus sebagai barometer terhadap apa yang sudah dilakukan sesuai dengan program kerja PSHT. Terselenggaranya kejuaraan pencak silat ini berkat semangat dan komitmen para pengurusnya serta antusias para peserta.

“Hasil kompetisi ini bisa menjadi catatan dan tolok ukur untuk mengikuti kejuaraan di tingkat Kota Pontianak, Provinsi Kalbar hingga nasional,” ujarnya pada penutupan Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup 2023, Minggu (01/10/2023).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piala kepada pemenang Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup Piala Wali Kota Pontianak 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piala kepada pemenang Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup Piala Wali Kota Pontianak 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)

Dia juga berharap, PSHT bisa terus berkembang dengan semakin banyak mencetak atlet-atlet pencak silat yang unggul. Oleh karenanya, harus terus dilakukan pembinaan mulai dari level dasar hingga teratas. Terlebih pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia, baik di event nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Edi Kamtono Imbau Pengguna Medsos Cerdas Memilah Informasi

Melalui kejuaraan pencak silat ini pula, peserta yang berasal dari para pelajar bisa menyalurkan bakatnya serta melatih fisik dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Tidak hanya semata untuk menggapai peringkat tertinggi saja, tetapi juga bisa membentuk karakter generasi muda kita,” kata Edi.

Ketua Panitia Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup 2023, Muhammad Faiz menerangkan, kejuaraan ini berlangsung selama tiga hari. Selama penyelenggaraan kejuaraan berjalan sukses dan lancar.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berfoto bersama para juara dan panitia Kejuaraan PSHT Cup Piala Wali Kota Pontianak 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berfoto bersama para juara dan panitia Kejuaraan PSHT Cup Piala Wali Kota Pontianak 2023. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan potensi-potensi para siswa dan melestarikan pencak silat sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke-252 Pontianak yang tak lama lagi,” terangnya.

Baca Juga :  Gedung Dekranasda Kalbar Diresmikan, Tempat Pasarkan Produk Kerajinan dan Pelatihan

Faiz menambahkan, terselenggaranya kejuaraan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak khususnya panitia pelaksanaan pengurus cabang, pengurus ranting, para pelatih dan juga dari IPSI yang sudah mendukung penuh kegiatan ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya semoga dukungan yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT,” tutupnya.

Hasil Kejuaraan Pencak Silat PSHT 2023, Ranting Punggur berhasil meraih juara umum pertama dengan perolehan 8 medali emas, 5 perak dan 9 perunggu. Juara umum kedua direbut oleh Komsat Kalimas dengan 7 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu. Sedangkan juara umum ketiga diraih Komsat IAIN dengan perolehan 3 emas, 5 perak dan 5 perunggu. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment